Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

LPPM USU Jadikan Kelurahan Terjun Sebagai Siaga Covid-19

Suhardiman Minggu, 18 Oktober 2020 | 18:09 WIB

LPPM USU Jadikan Kelurahan Terjun Sebagai Siaga Covid-19
Tim Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU dan Kelurahan Terjun, Medan Marelan. [Foto: Istimewa]

pemodelan dengan memberdayakan masyarakat dalam forum siaga Covid-19 Kelurahan Terjun.

SuaraSumut.id - Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) USU bekerja sama dengan Kelurahan Terjun, Medan Marelan untuk menjadikan wilayah itu sebagai Siaga Covid-19.

Ketua Tim Pengabdian Pada Masyarakat USU, Destanul Aulia SKM MBA MEc PhD mengatakan, pemodelan dengan memberdayakan masyarakat dalam forum siaga Covid-19 Kelurahan Terjun.

Diantaranya pendataan kesehatan warga, mencari faktor penyebab penularan Covid-19 dan potensi wilayah, musyawarah masyarakat, menyusun kegiatan dan prlaksanaannya serta keberlamgsungan kegiatan.

"Perilaku hidup sehat sebagai bentuk penguatan kapasitas anak dan keluarga, cuci tangan pakai sabun dan kelestarian lingkungan serta cara membuat sanitizer," kata Aulia dalam keterangannya, Minggu (18/10/2020).

Camat Medan Marelan, Muhammad Yunus mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan para peserta yang merupakan kader kelurahan dapat menerapkan kembali pembelajaran yang diperoleh kepada masyarakat umum.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat USU, Prof Dr Dra Ida Yustina MSi menandatadangani MoU dengan Camat Medan Marelan, Muhammd Yunus terkait desa binaan FKM USU di Kelurahan Medan Marelan.

Kepala Puskesmas Marelan dr Tissa Hasibuan mengatakan, berbagai dilema terjadi saat pelaksanaan pencegahan Covid-19.

Salah satunya penolakan dari warga. Hal ini membuat pihaknya harus bekerja sama dengan pihak kepolisian dan Babinsa Koramil 10 ML.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait