alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Abu Vulkanik Erupsi Gunung Sinabung Sampai ke Aceh

Suhardiman Selasa, 02 Maret 2021 | 16:31 WIB

Abu Vulkanik Erupsi Gunung Sinabung Sampai ke Aceh
Erupsi Gunung Sinabung. [Ist]

Abu vulkanik tidak hanya terdampak pada kondisi udara di Kabupaten Karo, tapi juga terbawa angin hingga ke Aceh.

SuaraSumut.id - Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi, Selasa (2/3/2021). Abu vulkanik tidak hanya terdampak pada kondisi udara di Kabupaten Karo, tapi juga terbawa angin hingga ke Aceh.

"Jika dilihat dari foto satelit diperkirakan abu vulkanik mulai menyeberang atau terbawa ke Provinsi Aceh," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar Zakaria Ahmad, dilansir dari digtara.com--jaringan suara.com.

Diketahui, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi, dengan menyemburkan kolom abu setinggi 5.000 meter.

Gunung Sinabung juga memuntahkan awan panas sejauh 4.500 meter ke Tenggara dan Timur.

Baca Juga: Tiga Korban Sriwijaya Air SJ182 Belum Dikenali, Keluarga Sudah Maklum

"Abu vulkanik mulai terdampak ke wilayah Kabupaten Aceh Tenggara, dan sudah meluas ke wilayah Kabupaten Aceh Selatan," ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat di wilayah Aceh Tenggara dan Aceh Selatan yang mulai terpapar debu asap vulkanik agar mengurangi aktivitas di luar ruangan.

"Jikapun harus keluar rumah maka jangan lupa memakai masker, memakai kaca mata, menutup tempat makanan dan air untuk konsumsi," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait