alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

KLB Putuskan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang Dipimpin SBY Dihapus

Suhardiman Jum'at, 05 Maret 2021 | 16:55 WIB

KLB Putuskan Majelis Tinggi Partai Demokrat yang Dipimpin SBY Dihapus
Perwakilan Partai Demokrat yang menghadiri KLB menyepakati penghapusan majelis tinggi. Hal tersebut diputuskan bersamaan dengan penetapan Moeldoko menjadi Ketua Umum Partai Demokrat pada Jumat (5/3/2021). [Suara.com/Muhlis]

KLB Partai Demokrat juga menghapus Majelis Tinggi dari struktur partai berlambang bintang merci tersebut.

SuaraSumut.id - Selain memutuskan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum DPP Partai Demorat dan memberhentikan kepengurusan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Kongres Luar Biasa (KLB) partai berlambang bintang merci tersebut juga menghapus Majelis Tinggi Partai.

Keputusan tersebut disampaikan melalui pimpinan sidang definitif, Jhoni Allen Marbun. Dengan demikian KLB tidak lagi mengakui keberadaan Majelis Tinggi Partai Demorat yang dipimpin oleh Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Melalui kongres ini kita telah menyepakati menghapus Majelis Tinggi Partai karena ada dewan pertimbangan partai dan dewan pembina," kata pimpinan sidang Jhoni Allen dan disepakati seluruh peserta forum pada Jumat (5/3/2021).

Selanjutnya, pada kongres itu memutuskan mencabut Peraturan Organisasi nomor 1 Tahun 2019 tentang iuran fraksi dan anggota fraksi. Keputusan KLB itu mengembalikan aturan terkait penetapan pimpinan fraksi partai di legislatif kepada pimpinan di tingkatannya masing-masing.

Baca Juga: Moeldoko Jadi Ketum Demokrat, Mustofa Nahra: Gak Bisa Bikin Parpol Sendiri?

"Menetapkan, penetapan pimpinan fraksi, anggota dewan yang memiliki pimpinan legislatif adalah menjadi pimpinan partai sesuai dengan tingkatannya, DPP di DPP dan DPD di DPD," ucap Jhonny membacakan surat keputusan.

Keputusan forum kongres yang disepakati adalah mengembalikan status para kader yang dipecat secara sepihak oleh kepengurusan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Mereka adalah Jhonny Allen dan Marzuki Alie, Darmizal, Yus Sudarso, Tri Yulianto, Jhoni Allen Marbun, Syofwatillah Mohzaib, dan Ahmad Yahya. Seluruhnya dikembalikan statusnya sebagai kader.

Kemudian, pada kongres versi KLB itu, peserta yang terdiri dari Demokrat Aceh, Sumut, Sumbar, Kepri, Riau, Jawa Barat, Sumsel, Bengkulu, Lampung, Yogyakarta, Banten, Kalimantan, Jawa Timur, Sulbar, Sulsel, Sulteng, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua dan Demokrat Bali, menyetujui Marzukie Alie sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demorat.

Sebelumnya diberitakan, hasil KLB Partai Demokrat di Sibolangit, Kabupaten Deliserdang mengukuhkan Ketua Syaf Kepresidenan (KSP) Moeldoko sebagai Ketua Umum periode 2021-2025, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga: KLB Diwarnai Bentrokan, DPC Demokrat Sumut: Nggak Bener Lagi, Ada Pembiaran

"Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, menetapkan Jenderal (Purn) DR Moeldoko sebagai Ketua Umum DPP Demokrat hasil kongres luar biasa periode 2021-2025," kata pimpinan sidang yang dibacakan Jhoni Allen Marbun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait