alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Toge Panyabungan, Minuman Khas Mandailing yang Selalu Dicari Saat Ramadhan

Suhardiman Kamis, 15 April 2021 | 17:12 WIB

Toge Panyabungan, Minuman Khas Mandailing yang Selalu Dicari Saat Ramadhan
Pedagang Toge Panyabungan di Medan. [Suara.com/M Aribowo]

Ia mengatakan, Toge Panyabungan ini memang menjadi kuliner yang paling banyak dicari di Medan, selama bulan Ramadhan.

SuaraSumut.id - Setiap memasuki bulan suci Ramadhan, kawasan Jalan Prof HM Yamin, Medan Timur, selalu ramai dipadati pedagang yang menjajakan kudapan berbuka puasa.

Berbagai kuliner dijual pedagang mulai dari aneka kue, mie, kolak, bubur, kurma, dan bermacam minuman es yang menyegarkan.

Sda satu kuliner unik yang disajikan pedagang takjil, bernama Toge Penyabungan. Bentuknya mirip seperti es cendol, namun jika diperhatikan seksama, komposinya berbeda.

Isian Toge Panyabungan terdapat lupis, beras pulut, bulir-bulir ketan hijau, candil, dengan kuah santan yang dicampur dengan gula merah.

Baca Juga: Kenalan di Aplikasi Chatting Online, Jalan Bareng Berujung Pemerkosaan

"Toge Panyabungan ini berasal dari Mandailing, Tapanuli Selatan, rasanya manis, legit, segar, pas untuk berbuka puasa," kata Andi (46) salah seorang penjual takjil, kepada SuaraSumut.id, Kamis (15/4/2021) sore.

Ia mengatakan, Toge Panyabungan ini memang menjadi kuliner yang paling banyak dicari di Medan, selama bulan Ramadhan.

"Saya sudah enam tahun menjual ini, banyak yang cari, seharinya 70 sampai 80 bungkus terjual. Mudah-mudahan tahun ini juga ramai yang beli, harapan kita Covid-19 ini segera hilang juga, karena agak sepi (pembeli) semenjak pandemi," kata Andi.

Ia mengaku, kebanyakan masyarakat membeli Toge Panyabungan karena namanya yang unik.

"Namanya unik, kalau orang yang belum tahu, mana sayur togenya, kok gak ada, setelah dirasa enak, segar, kembali lagi beli," kata Andi.

Baca Juga: Viral, Belasan Remaja Perang Sarung Di Waduk Kerenceng

"Untuk di Medan, memang paling ramai menjual Toge Panyabungan disini (kawasan Jalan HM Yamin Medan)," sambungnya.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait