alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Larangan Mudik, Penumpang di Bandara Kualanamu Meningkat 30 Persen

Suhardiman Rabu, 05 Mei 2021 | 10:57 WIB

Jelang Larangan Mudik, Penumpang di Bandara Kualanamu Meningkat 30 Persen
Sejumlah orang berjalan di kawasan Terminal Keberangkatan di Bandara Internasional Kualanamu. (Antara/Widodo S. Jusuf)

Adanya peningkatan jumlah penumpang dimungkinkan terkait pelarangan mudik yang akan diberlakukan pada 6 Mei.

SuaraSumut.id - Jumlah penumpang di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, mengalami kenaikan menjelang pemberlakuan larangan mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021.

Humas Angkasa Pura II, Yuliana Balqis mengatakan, peningkatan jumlah penumpang mulai terjadi saat memasuki pekan kedua menjelang Lebaran Idul Fitri.

"Kita prediksi puncaknya hari ini, karena pada 6 Mei mulai sedikit penerbangan. Hanya penerbangan yang dikecualikan dan penerbangan kargo," katanya, Rabu (5/5/2021).

Balqis mengatakan, berdasarkan data penerbangan yang ada, tiga hari sebelum masa larangan mudik, jumlah penumpang terus meningkat.

Baca Juga: Profil Abimana Aryasatya: Mualaf, Ganti Nama, Sampai Gagal Jualan Burger

Pada 1 Mei penumpang berkisar diangka 11.614 penumpang dari 122 penerbangan. Sedangkan pada 2 Mei total 12.096 penumpang dari 113 penerbangan. Jumlah rute mengalami penambahan dari 13 menjadi 15 rute.

"Pada 3 Mei jumlah penumpang 12.431 dari 118 penerbangan yang datang dan pergi, dengan jumlah rute sama yakni 15 rute," ujarnya.

Manager Ofgicer In Charge (OIC) Bandara Kualanamu, Dedi Yuda Negara mengatakan, pada hari biasanya jumlah rata-rata di Bandara Kualanamu sekitar 8.000 penumpang. Namun, saat ini meningkat menjadi 12.000 penumpang perhari.

"Memasuki dua pekan jelang lebaran ada peningkatan jumlah sekitar 30 persen dari kalkulasi hari biasa, yakni 8.000 penumpang," ujarnya.

Adanya peningkatan jumlah penumpang dimungkinkan terkait pelarangan mudik yang akan diberlakukan pada 6 Mei. Sehingga masyarakat memilih lebih awal mudik.

Baca Juga: Persija Temui Anies Baswedan, Bawa Trofi Piala Menpora 2021

Ia mengatakan, pihaknya akan mendirikan posko pemantauan larangan mudik yang mulai berlaku sejak 6 Mei 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait