alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banjir Medan, Ini Doa Saat Hujan Terus Menerus Hingga Banjir

Muhammad Yunus Sabtu, 15 Mei 2021 | 18:07 WIB

Banjir Medan, Ini Doa Saat Hujan Terus Menerus Hingga Banjir
Prajurit TNI dibantu relawan mengevakuasi warga dan kendaraan dari rumahnya pascabanjir di Perumahan De Flamboyan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020). [ANTARA FOTO/Rony Muharrman]

Kota Medan dan beberapa kota di Indonesia kembali terendam banjir

SuaraSumut.id - Kota Medan dan beberapa kota di Indonesia kembali terendam banjir akibat hujan yang terus mengguyur.

Dalam agama Islam ada beberapa doa yang dianjurkan dibaca. Saat hujan terus menerus sampai menyebabkan banjir.

Jika umat Islam percaya kepada penciptanya, jangankan banjir yang tingginya sampai ke betis atau pinggang manusia dewasa, banjir yang setinggi gunung pun bilamana Allah telah berkehendak niscaya akan hilang dalam sekejap.

Mengutip dari penjelasan Muhammad Harsya Bachtiar, alumni Universitas Islam Madinah di wahdah.or.id, kekuasaan Allah SWT dalam mengatasi banjir dahsyat yang terjadi di zaman Nabi Nuh. tingginya bukan sampai pinggang. Tapi samapi puncak gunung. Dalm Surah Hud, Ayat 42.

Baca Juga: Masyarakat Sekitar Gunung Sinabung Diminta Waspadai Banjir Lahar Dingin

Ya!! Tingginya (banjir) bagaikan tingginya gunung-gunung yang menjulang!! Namun apakah sulit bagiNya untuk menghilangkannya? Jawabanya tidak.

Hanya dengan satu perkataan, dalam sekejap banjir tersebut hilang mengikuti perintah Rabbnya. Allah berfirman artinya:

“Dan difirmankan, “Wahai bumi! Telanlah airmu dan wahai langit (hujan!) berhentilah.” Dan air pun menjadi surut, dan perintah pun diselesaikan dan kapal itupun berlabuh di atas gunung Judi”. Surat Hud, Ayat 44.

Begitulah gambaran kekuasaan Allah dalam mengatasi banjir, tatkala Ia telah berkehendak, banjir yang tadinya laksana gunung tersebut pun tiba-tiba hilang dalam sekejap dan berlabuhlah kapal Nabi Nuh dengan selamat (dan kecelakaanlah bagi orang-orang yang zalim).

Dan tak lupa di samping kita senantiasa bersandar kepadaNya, hendaklah kita juga senantiasa berdoa dengan doa-doa yang di ajarkan oleh baginda Nabi shallallahu alaihi wasallam dalam mengatasi perkara ini, dan di antara doanya adalah berdoa agar air-air tersebut dialihkan oleh Allah ketempat-tempat yang jauh dari pemukiman, artinya:

Baca Juga: Rumah Warga Sinjai Hanyut Terkena Banjir dan Tanah Longsor Terekam Kamera

“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, jangan yang merusak kami. Ya, Allah! turunkanlah hujan di dataran tinggi, di bukit-bukit, di perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait