alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pulau Berhala Akan Dijadikan Destinasi Wisata Unggulan

Suhardiman Rabu, 30 Juni 2021 | 18:59 WIB

Pulau Berhala Akan Dijadikan Destinasi Wisata Unggulan
Pulau Berhala [ANTARA/HO]

Serta pariwisata yang berwawasan lingkungan seperti penangkaran penyu, terumbu karang dan jenis burung migran.

SuaraSumut.id - Pulau Berhala yang berbatasan dengan Selat Malaka akan dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan. Hal tersebut menjadi komitmen dari Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara.

Demikian dikatakan Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, terkait diterimanya izin pemakaian kawasan hutan untuk jalan umum dan jalan wisata dari Kementrian Kehutanan, dilansir dari Antara, Rabu (30/6/2021).

"Secara administrasi, Pulau Berhala berada di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, sehingga pembangunannya tidak hanya terfokus di pulaunya, melainkan peningkatan dan pengembangan akses menuju ke Pulau Berhala," katanya.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Umar Yusri Tambunan mengatakan, sesuai RTRW Serdang Bedagai tahun 2013-2033, mendukung penetapan Pulau Berhala sebagai kawasan strategis bidang pertahanan dan keamanan.

Baca Juga: PPKM Darurat, Anies: Ini Ikhtiar Penyelamatan, Bukan Sekadar Pembatasan

Serta pariwisata yang berwawasan lingkungan seperti penangkaran penyu, terumbu karang dan jenis burung migran.

Untuk mendukung pengembangan Pulau Berhala, pihaknya berencana membangun jalan umum sekaligus jalan wisata dan akses menuju pelabuhan laut di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin.

"Alhamdulillah kita bersyukur, surat persetujuan penggunaan hutan alam primer dikawasan hutan lindung seluas 0,86 Hektar sudah keluar. Kita akan upayakan semaksimal mungkin agar jalan yang dibutuhkan itu segera dibangun," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait