alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PPKM Level 4 Diperpanjang, Termasuk Sumatera Utara

Suhardiman Senin, 02 Agustus 2021 | 23:05 WIB

PPKM Level 4 Diperpanjang, Termasuk Sumatera Utara
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Ist)

Kenaikan kasus juga terjadi di Kota Medan. Hal ini karena Sumatera Utara, khususnya Medan menjadi kota rujukan pasien Covid-19.

SuaraSumut.id - Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 4 hingga 9 Agustus 2021. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, ada 21 kabupaten di luar Jawa dan Bali yang mengalami kenaikan kasus Covid-19.

Dari catatan, daerah yang paling tinggi kenaikan kasus Covid-19, yaitu Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Gorontalo.

"Ada 21 provinsi dan 45 kabupaten kota yang level 4 dilanjutkan," kata Airlangga, menyadur Suara.com, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: BTN dan LinkAja Kembangkan Uang Elektronik Syariah

Kenaikan kasus juga terjadi di Kota Medan. Hal ini karena Sumatera Utara, khususnya Medan menjadi kota rujukan pasien Covid-19.

"Kenaikan juga terjadi di Kota Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, Banjarbaru, Jayapura, Tarakan, sedangkan kabupatennya Sika, Berau dan Belitung," katanya.

Terdapat juga daerah yang kasus Covid-19 justru menurun, yaitu NTT kecuali Kabupaten Sika, Lampung, NTB, Maluku, Papua, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Tengah.

Airlangga mengaku, ada empat daerah yang tingkat protokol kesehatannya paling rendah selama PPKM level 4, yaitu Padang, Sorong, Kabupaten Musi Waras dan kota Jayapura.

"Berdasarkan data Satgas Covid-19, terkait dengan pemantauan perilaku ini kita lihat penggunaan masker ada beberapa yang dengan tingkat perilaku yang rendah yang ditetapkan dalam 4 kabupaten/ kota," jelasnya.

Baca Juga: IPB: Belum Ada Bukti Hewan Positif COVID-19 Tularkan Virus Corona ke Manusia

Terdapat daerah yang justru tingkat protokol kesehatannya sangat baik dengan tingkat kepatuhan antara 91-100 persen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait