alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tipa-Tipa, Sereal dari Tanah Batak yang Lezat

Suhardiman Selasa, 17 Agustus 2021 | 16:34 WIB

Tipa-Tipa, Sereal dari Tanah Batak yang Lezat
Tipa-Tipa, sereal dari Tanah Batak yang lezat. [Ninna.id]

Padi muda direndam selama kurang lebih dari 24 jam.

SuaraSumut.id - Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya. Dikawasan wisata Kabupaten Toba, Sumatera Utara, juga memiliki camilan khas Batak yang sering diburu wisatawan, yaitu Tipa-tipa.

Jajanan ringan berbahan beras ini menjadi ciri khas oleh-oleh dari Kecamatan Porsea. Teksturnya, persis seperti sereal gandum.

Proses pembuatan camilan ini dapat ditemukan sekitaran daerah Porsea, tepatnya di Desa Patane. Salah seorang warga yang masih membuat Tipa-tipa adalah Sitorus.

Melansir dari ninna.id, Selasa (17/8/2021), kuliner tradisional Batak ini terbuat dari padi yang masih muda ataupun yang belum menguning. Padi muda direndam selama kurang lebih dari 24 jam.

Baca Juga: Saat HUT ke-76 RI, Kasus Positif Covid-19 Tambah 20.741 Kasus, 1.180 Meninggal Dunia

Hal ini dilakukan agar mendapatkan tekstur yang bagus. Setelah direndam padi lalu ditiriskan dan dimasukkan ke kuali untuk disaok (digongseng) hingga matang.

Selanjuntya padi yang masih dalam kondisi panas kemudian dimasukkan ke andalu untuk ditumbuk agar kulit padi terpisah dengan biji beras yang sudah pipih.

Agar kuliner asli dari tanah Batak ini layak dikonsumsi atau dijual, masih harus dipiar (ditampi), sehingga tidak ada lagi kulit padi.

Penyajian camilan ini juga cukup beragam. Ada yang terlebih dahulu ditanak seperti menanak nasi, ada juga yang sekedar direndam air panas mendidih lalu dicampur dengan kelapa parut, gula dan garam secukupnya.

Ada juga yang suka digongseng langsung dicampur kelapa parut, gula dan garam secukupnya. Selain itu, dicampur dengan susu atau coklat, seperti penyajian sereal gandum ala bule untuk sarapan.

Tipa-tipa mirip dengan sereal yang biasa dijumpai di supermarket, dan memiliki kemiripan dengan cemilan dari beberapa daerah.

Baca Juga: 9 Potret Terbaru Rafael Tan bak Oppa Korea: Mirip Banget Park Sae Ro Yi di Itaewon Class

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait