alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sumatera Utara Ekspor Ampas Sawit ke 10 Negara

Suhardiman Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:58 WIB

Sumatera Utara Ekspor Ampas Sawit ke 10 Negara
Sumatera Utara Ekspor Ampas Sawit ke 10 Negara. [ANTARA]

selain negara tujuan ekspor yang berkembang, volume ekspor ampas sawit Sumut itu juga meningkat.

SuaraSumut.id - Sumatera Utara (Sumut), sudah mengekspor ampas sawit ke 10 negara, diantaranya Republik Rakyat Tiongkok, Vietnam, New Zealand, dan Saudi Arabia.

Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi PM Yusmanto mengatakan, selain negara tujuan ekspor yang berkembang, volume ekspor ampas sawit Sumut itu juga meningkat.

Sejak Januari-Oktober 2021, volume ekspor ampas sawit Sumut itu sudah mencapai 119,38 ribu ton Rp 239 miliar.

Nilai ekspor ampas sawit Sumut di 2021 naik dibandingkan periode sama tahun 2020 yang masih 86,08 ribu ton senilai Rp168 miliar.

Baca Juga: Olahraga Nasional Habiskan Dana Besar Tapi Hasil Tak Maksimal, Wapres Segera Rapatkan

Peningkatan ekspor ampas sawit menggembirakan dan Karantina terus berupaya mendorong pengusaha untuk terus meningkatkan ekspor komoditas itu.

"Potensi pasar ekspor komoditas asal sub sektor peternakan itu masih cukup tinggi sehingga harus benar-benar dimanfaatkan pengusaha," katanya, melansir Antara, Rabu (27/10/2021).

Karantina Pertanian Belawan terus memberikan bimbingan teknis, sanitari dan fitosanitari sebagai persyaratan negara tujuan ekspor.

Andi menjelaskan, ampas sawit digunakan sebagai bahan baku pembuatan bio pellet pakan ternak dan juga bahan pupuk organik karena mengandung kalium yang cukup tinggi untuk tanaman.

Baca Juga: Ikut Webinar, Viral Gadis di TikTok Dikejar Sugar Daddy tapi Tolak Tawaran Menggiurkan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait