facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bio Solar Tumpah di Laut Lhokseumawe, Begini Kronologinya

Suhardiman Minggu, 24 April 2022 | 18:41 WIB

Bio Solar Tumpah di Laut Lhokseumawe, Begini Kronologinya
Bio Solar Tumpah di Laut Lhokseumawe. [Antara]

Tim dikerahkan untuk mengecek penyebab terjadinya kebocoran minyak pada kapal pengangkut itu.

SuaraSumut.id - Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bio solar tumpah di laut Lhokseumawe, tepatnya di Desa Hagu Teungoh, Kecamatan Banda Sakti, Minggu (25/4/2022).

Kepala Depot Pertamina Lhokseumawe Feri Safarudin mengatakan, kebocoran baru diketahui setelah tersebar bau minyak menyengat dan permukaan air laut sudah berubah warna.

"Informasi yang saya ketahui bahwa kebocoran terjadi setelah proses pembongkaran dari kapal pengangkut ke Depot Pertamina. Kemudian tim patroli menemukan adanya minyak di sekitar lambung kapal," katanya, melansir Antara.

Pihak sedang melokalisir area yang tercecer solar di perairan Pantai Ujong Blang. Tim dikerahkan untuk mengecek penyebab terjadinya kebocoran minyak pada kapal pengangkut itu.

Baca Juga: Niat Membayar Fidyah dan Tata Cara Membayar yang Perlu Diperhatikan

"Dugaan kebocoran akibat katup yang mengalirkan minyak tidak bekerja secara optimal, sehingga mengakibatkan sebagian kargo kapal lepas ke laut," jelasnya.

Saat terjadinya kebocoran angin mengarah ke bibir pantai, sehingga area minyak yang bocor dapat dilokalisir dan tumpahan minyak tidak menimbulkan dampak besar bagi ekosistem laut.

"Kami juga sudah memberikan garis polisi di lokasi kebocoran agar warga tidak masuk ke lokasi tersebut karena berbahaya bagi masyarakat dan juga ekosistem laut," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait