facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Dibuat Heran, Buah Pisang Ini Tumbuh dari Batang yang Busuk

Suhardiman Rabu, 29 Juni 2022 | 13:36 WIB

Warga Dibuat Heran, Buah Pisang Ini Tumbuh dari Batang yang Busuk
Buah Pisang Tumbuh dari Batang yang Busuk. [Ist]

Pasalnya, buah pisang tersebut tumbuh dari batang yang membusuk.

SuaraSumut.id - Sebuah pohon pisang unik membuat warga di Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut), heran. Pasalnya, buah pisang tersebut tumbuh dari batang yang membusuk.

Pemilik pohon pisang, Sumiati mengaku tidak menyangka pohon yang telah ditebang dan membusuk kembali berbuah.

"Dua bulan lalu ini pohon pisangnya baru kami tebang karena sudah berbuah. Kami terkejut tiba-tiba buah pisangnya muncul lagi," katanya, Rabu (29/6/2022).

Ia mengatakan, fenomena ini pertama kali diketahui oleh anaknya. Ia kemudian diminta sang anak untuk melihat pisang jenis emas banten itu.

Baca Juga: Foto Hamish Daud Jadi Kuli Bangunan di Prancis Disorot Publik, Ini Cerita Sebenarnya

"Ini tanah abang saya. Pisang-pisang ini saya yang tanam. Kemarin pagi saya diberi tahu sama anak saya. Disuruhnya lihat pisang, pas saya lihat saya terkejut kok bisa berbuah seperti bunga," katanya.

Dirinya mengaku tidak ingin menebang pisang itu. Ia akan membiarkan pohon pisang yang berbuah di batang itu untuk berkembang menjadi besar.

Kepala laboratorium Agrolab-Preneur Medan, Asep Rodiansyah mengaku, fenomena itu dikarenakan faktor penyimpangan.

"Salah satunya adalah genetik dan terganggunya hormon pada tumbuhan. Sehingga terjadinya mutasi atau faktor fisiologis yang menyebabkan pemanjangan batang berhenti," kata Asep.

Penyimpangan itu menyebabkan calon jantung berkembang di dalam balutan pelepah batang pisang. Akibatnya, buah pisang berkembang di dalam membengkak dan akhirnya menebus bagian pelepah batang pisang.

Baca Juga: Perkuat Diplomasi, KBRI Beijing Fasilitasi Pendirian Pusat Bahasa dan Inovasi di Enam Perguruan Tinggi Indonesia

Selain dikarenakan faktor hormon, faktor cuaca juga dapat menyebabkan gangguan fisiologis pada tanaman. Hormon auksin menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan calon bunga terhenti.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait