facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Apakah Orang Berkurban Boleh Memakan Daging Kurban? Begini Penjelasan UAS, Simak Baik-baik

Suhardiman Kamis, 07 Juli 2022 | 07:05 WIB

Apakah Orang Berkurban Boleh Memakan Daging Kurban? Begini Penjelasan UAS, Simak Baik-baik
Ustaz Abdul Somad dalam sebuah ceramah (YouTube/TAMAN SURGA. NET)

Namun, bila kurban sunnah maka orang yang berkurban sangat dibolehkan untuk memakan daging hewan kurban.

SuaraSumut.id - Ustaz Abdul Somad atau UAS memberikan penjelasan mengenai pertanyaan apakah orang yang berkurban boleh memakan daging kurban.

Penjelasan mengenai pertanyaan itu disampaikan UAS lewat postingan video animasi di akun Instagramnya @ustadzabdulsomad_official, pada Rabu (6/7/2022).

Video animasi karya konten kreator digital @taarts_gram itu menunjukkan sosok kartun UAS yang bersapaan dengan salah seorang jemaah.

"Assalamualaikum ustaz, afwan izin bertanya apakah orang yang berkurban boleh memakan daging kurban tersebut ustaz, syukron ustaz," tanya jemaah dalam video tersebut.

Baca Juga: Cerita Joe Taslim Terlibat dalam Proses Kreatif Pembuatan Iklan Televisi

"Walaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, apakah orang yang berkurban boleh memakan daging hewan kurbannya? Karena ada juga orang yang berkurban dia takut," jawab UAS.

UAS mengatakan, bila kurban itu wajib seperti kurban nazar, maka daging hewan kurban tidak boleh dimakan oleh orang yang berkurban.

"Jika kurban itu kurban wajib seperti kurban nazar maka dia tak boleh makan bapak ibu yang bernazar, saya bernazar kalau anak saya ini lulus nanti saya berkurban maka dia tak boleh memakan daging, kurban tersebut bagi semua ke fakir miskin," kata UAS, dilihat SuaraSumut.id, Kamis (7/7/2022).

Namun, bila kurban sunnah maka orang yang berkurban sangat dibolehkan untuk memakan daging hewan kurban.

"Tapi kalau kurbannya itu kurban sunnah kurban kita ini umumnya kurban sunnah, bukan sekadar boleh, afdol, makanlah justru kita disuruh makanlah. Bukan boleh hukumnya justru disuruh makan," ungkap UAS.

Baca Juga: Borneo FC Targetkan Kemenangan di Leg Pertama Semifinal Piala Presiden 2022

UAS kembali menjelaskan secara sunnah, paling baik untuk memakan bagian hati yang dikurbankan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait