facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh Ferdy Sambo Hanya Bisa Pasrah, Puluhan Tengkoraknya Disita Polri, Begini Fakta Sebenarnya

Suhardiman Jum'at, 16 September 2022 | 12:21 WIB

Heboh Ferdy Sambo Hanya Bisa Pasrah, Puluhan Tengkoraknya Disita Polri, Begini Fakta Sebenarnya
Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi saat rekonstruksi pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022). [Suara.com/Alfian Winnato]

Faktanya tengkorak-tengkoran itu tidak ada kaitannya dengan kasus yang melibatkan Ferdy Sambo.

SuaraSumut.id - Polri dikabarkan menyita puluhan tengkorak dari mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo.

Akun Facebook News Kolam mengunggah sebuah video atau foto yang memperlihatkan gambar Ferdy Sambo disandingkan dengan tengkorak-tengkorak. Adapun pengunggah memberikan narasi sebagai berikut.

"Ferdy Sambo hanya bisa pasrah, puluhan tengkoraknya disita Polri!" narasi yang ditulis melansir BeritaHits.id, Jumat (16/09/22).

Video diklaim menampilkan Ferdy Sambo pasrah saat tengkorak-tengkoraknya disita Polri [turnbackhoax.id]
Video diklaim menampilkan Ferdy Sambo pasrah saat tengkorak-tengkoraknya disita Polri [turnbackhoax.id]

Penjelasan

Baca Juga: AHY Sindir Jokowi, KSP Ungkit Rezim SBY: Dia Harus Tahu Diri

Berdasarkan hasil penelusuran video yang memperlihatkan gambar Ferdy Sambo dan tengkorak-tengkorak yang diklaim disita Polri adalah menyesatkan. Faktanya tengkorak-tengkoran itu tidak ada kaitannya dengan kasus yang melibatkan Ferdy Sambo.

Gambar tengkorak-tengkorak itu diketahui merupakan gambar tengkorak yang berada di Gua Mekongga di Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Gambar tengkorak itu dimuat dalam artikel yang berjudul "Gua Tengkorak Kuburan Kedua Bangsawan Mekongga" yang diterbitkan Kompas.com pada 27 Mei 2013.

Tim peneliti dari Balai Pelestarian Cagar Budaya dan Universitas Hasanuddin Makassar terus mengembangkan penelitian terhadap keberadaan ribuan tengkorak manusia di Gua Mekongga.

Arkeolog asal Universitas Negeri Makassar, Asmunandar menyatakan bahwa tengkorak-tengkorak yang berada di dalam gua tersebut termasuk dalam bangsawan atau kalangan orang berada dari suku Mekongga pada abad ke-14.

Baca Juga: Beredar Video Putri Candrawathi dengan Kuat Ma'ruf di Atas Ranjang "Cek Faktanya" !

Asumsi tersebut bisa dikaitkan dengan temuan soronga atau peti mati dan benda-benda mewah pada zaman tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait