SuaraSumut.id - Menurunkan berat badan memang tidak mudah. Namun, terdapat sejumlah makanan yang bisa membantu membakar lemak di tubuh Anda secara lebih efektif.
Melansir dari Healthsots, ada beberapa makanan pembakar lemak yang membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Apa saja? Yuk simak paparan di bawah ini.
1. Cabai
Cabai mengandung antioksidan yang disebut capsaicin yang membantu menjaga berat badan yang sehat. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menemukan bahwa senyawa ini juga mampu meningkatkan rasa kenyang.
Penelitian lain yang dipublikasikan di European Journal of Nutrition juga menunjukkan bahwa capsaicin bisa membantu Anda membakar lemak dengan menghilangkan lebih banyak kalori.
2. Kopi
Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Biotechnology menemukan bahwa kafein pada kopi bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh dan membantu membakar lebih banyak kalori serta lemak.
Dalam studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, meneliti para partisipan yang mengonsumsi 100 mg kafein setiap dua jam selama 12 jam. Mereka mencatat bahwa orang dewasa yang sehat membakar rata-rata 150 kalori ekstra, sedangkan orang dewasa yang mengalami obesitas membakar 79 kalori tambahan.
3. Telur
Baca Juga: Lagi Diet, Jangan Pilih Pisang yang Sudah Matang
Penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition and Nutritional Research menemukan bahwa makan telur untuk menu sarapan mengurangi rasa lapar dengan mendorong perasaan kenyang.
Dalam studi lainnya yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menyatakan bahwa makan tiga telur untuk sarapan mengurangi 16 persen lemak tubuh dibandingkan dengan kelompok yang sarapan dengan roti bagel.
4. Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) di mana dapat membantu membakar lemak. Hal ini juga dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Clinical Nutrition dan The Journal of Nutrition.
5. Cuka Sari Apel
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Bioscience, Biotechnology, and Biochemistry, menunjukkan bahwa partisipan yang diberi dua sendok makan cuka dalam makanan rutin mereka selama 12 minggu mengalami penurunan hingga 0,9 persen lemak tubuh.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Komisi XIII DPR RI Dorong Penguatan Pengawasan Keimigrasian Sumut dan Rencana Kantor Baru
-
Mesin Kapal Aceh Hebat Meledak, 14 Orang Alami Luka Bakar
-
BRI Jaga Kepercayaan Investor Lewat Program Buyback Saham dan Fundamental yang Kuat
-
TNI AL Gerebek Pesta Sabu di Tengah Laut, 6 Awak Kapal Ikan Ditangkap
-
Gara-gara Baju Ketat! 46 Warga Aceh Barat Terjaring Razia, Langgar Aturan Busana Syariat