facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Polemik soal Cadar di MTQ Sumut, Panitia: Ini Pelajaran Bagi Kita

Suhardiman Rabu, 09 September 2020 | 17:32 WIB

Polemik soal Cadar di MTQ Sumut, Panitia: Ini Pelajaran Bagi Kita
Seorang wanita peserta MTQ rela gugur ketimbang membuka cadarnya. [Schrenshoot video akun FB Cinta Islam]

setelah insiden itu banyak peserta yang tetap mengenakan cadar tampil di panggung.

SuaraSumut.id - Seorang peserta MTQ ke-37 Sumatera Utara memilih didiskualifikasi karena enggan melepas cadar.

Kekinian pihak panitia telah berkomunikasi dengan ketua Kafilah peserta bercadar dari Kabupaten Labuhanbatu Utara itu.

Dari hasil komunikasi didapat penjelasan, bahwa peserta dengan nomor 2735 tidak mau tampil dan sudah meninggalkan lokasi MTQ.

"Kita coba meminta kepada ketua Kafilah agar peserta tersebut tetap bisa tampil, namun karena dia sudah pulang ke kampung halaman, jadi tak bisa tampil," kata Ketua Pelaksana MTQ ke-37 Sumut, Palid Muda Harahap saat dihubungi Suara.com, Rabu (9/9/2020).

Baca Juga: GOOD NEWS! Vaksin Merah Putih COVID-19 Siap Diproduksi Akhir Tahun 2021

Ia mengatakan, Panitia MTQ telah meluruskan aturan yang sempat menjadi polemik tesebut. Bahkan, kata Palid, setelah insiden itu banyak peserta yang tetap mengenakan cadar tampil di panggung.

"Sudah tidak ada lagi persoalan. Harapannya ini jadi pelajaran untuk kita. Peserta yang kemarin sempat mundur itu juga sudah memaafkan dan mengatakan tidak ingin tampil lagi. Hingga hari ini tidak ada kendala, sudah banyak peserta yang tampil tetap memakai cadar," katanya.

Meski secara nasional sejak pelaksanaan di Pontianak diputuskan aturan harus membuka cadar, namun Sumut meminta untuk dibuat aturan yang lebih elok.

"Memang aturan secara nasional itu untuk menghindari terjadinya pelanggaran dalam MTQ. Tapi kita di Sumut kemudian mengusulkan aturannya, yakni dengan diperiksa dan di cocokkan dengan wajah yang ada di foto, baru bisa tampil," ujarnya.

Ia mengaku, peristiwa itu hanya miskomunikasi antara Majelis Juri dari Nasional yang menganggap tetap mengacu pada aturan yang diputuskan saat MTQ di Pontianak.

Baca Juga: Lawan Corona, 1.000 Masker Gratis 'Hujani' Pengunjung Pantai Legian

Panitia dan dewan hakim kemudian melakukan klarifikasi dan mencabut diskualifikasi terhadap peserta yang bercadar tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait