alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

DPRD Setujui Perda Pengendalian Covid-19 di Sumut

Chandra Iswinarno Kamis, 28 Januari 2021 | 07:05 WIB

DPRD Setujui Perda Pengendalian Covid-19 di Sumut
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menghadiri penyampain pendapat terkait Rancangan Perda (Ranperda) Peningkatan Disiplin dan Pengendalian Covid-19. [Istimewa]

Perda yang diusulkan Pemprov Sumatera Utara itu akan menjadi payung hukum dalam penegakan protokol kesehatan dan pengendalian Covid-19 di Sumut.

SuaraSumut.id - DPRD Sumatera Utara menyetujui Peraturan Daerah (Perda) Peningkatan Disiplin dan Pengendalian Covid-19

Perda yang diusulkan Pemprov Sumatera Utara itu akan menjadi payung hukum dalam penegakan protokol kesehatan dan pengendalian Covid-19 di Sumut.

"Usulan kita terkait Perda secara umum disetujui. Kita berharap dengan Perda ini ada payung hukum bagi peningkatan disiplin prokes dan penanganan Covid-19," kata Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, Rabu (27/1/2021).

Musa Rajekshah mengaku, akan menindaklanjuti terkait pendapat dan saran beberapa fraksi agar masalah denda, terutama untuk pengusaha pelanggar prokes disesuaikan.

Baca Juga: Museum Sultra Dijarah Maling, Keris dan Pedang Samurai Hilang

Pasalnya, saat ini ekonomi sedang sulit dan agar dilakukan monitoring ketat hasil uji klinis rumah sakit yang menangani pasien Covid-19.

"Kita akan tindak lanjuti nanti. Ada beberapa pasal yang menurut fraksi perlu penyesuaian. Tujuan kita sama, agar penanganan Covid-19 semakin baik ke depan untuk melindungi masyarakat dari wabah ini," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Sumut Harun Mustafa saat memimpin rapat paripurna, mengingatkan Pemprov Sumut agar Perda ini benar-benar diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, penegakan protokol kesehatan dan penanganan Covid-19 tidak memandang latar belakang pelanggar.

"Usulan dari Pemprov Sumut patut kita apresiasi dan kami sepakat Perda ini perlu untuk penanganan Covid-19 di Sumut. Namun, kami berpesan agar Perda ini benar-benar dilaksanakan, tidak pandang bulu dan diberi sanksi tegas. Ada beberapa poin memang yang kami rasa kurang tepat, kita akan evaluasi lagi. Kita harapkan Covid-19 di Sumut bisa dikendalikan, bahkan hilang dari sini," pungkasnya.

Baca Juga: Warga Khawatir Suara Gemuruh Gunung Raung, BPBD Banyuwangi: Jangan Panik

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait