alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dipulangkan dari Thailand, Nelayan Aceh Jalani Karantina

Suhardiman Selasa, 27 Juli 2021 | 10:59 WIB

Dipulangkan dari Thailand, Nelayan Aceh Jalani Karantina
Ilustrasi-Nelayan Aceh yang dibebaskan menjalani karantina di Jakarta. [ANTARA/HO]

Ade diselamatkan oleh kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) area 3 saat terapung di wilayah pulau Racha Selatan, pulau Phuket, Thailand.

SuaraSumut.id - Ade Elfikar (40), nelayan asal Kota Sabang, Aceh dipulangkan dari Thailand. Ia pun menjalani karantina di Wisma Atlet.

"Nelayan itu menjalani proses karantina terlebih dahulu di Wisma Atlet sebelum dipulangkan ke Aceh," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh Miftach Tjut Adek, dilansir dari Antara, Selasa (27/7/2021).

Ade sampai di Jakarta pada Jumat (23/7/2021) atas kerjasama Pemda Aceh, Kementrian Luar Negeri dan Kementrian Kelautan dan Perikanan. Ia sebelumnya terdampar di perairan Pulau Phuket, Thailand.

"Nanti nelayan kita itu akan dipulangkan langsung oleh wakil Pemerintah Aceh yang ada di Jakarta setelah karantina selesai," ujar Miftach.

Baca Juga: Kurangi Pengangguran, Pemuda Desa Dilatih Keterampilan yang Dibutuhkan UMKM

Sebelumnya, Ade diselamatkan oleh kapal Badan Keamanan Laut (Bakamla) area 3 saat terapung di wilayah pulau Racha Selatan, pulau Phuket, Thailand.

Nelayan Sabang tersebut terdampar ke Thailand karena mengalami kerusakan mesin. Di mana piston kapal pecah dan selanjutnya kapal terbawa arus hingga kehilangan jejak dari kelompok nelayan lainnya.

Ia terombang-ambing di laut selama delapan hari sehingga tiba di wilayah pulau Racha sekitar 25.6 N selatan pulau Phuket Thailand.

Nelayan ini berangkat melaut dari Sabang untuk mencari ikan secara tradisional pada Minggu (6/6/2021). Karena mengalami kerusakan mesin ia terdampar hingga ke Phuket Thailand, dan baru ditemukan pada Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Peneliti China: Vaksin Sinovac Melemah Dalam 6 Bulan, Perlu Injeksi Vaksin Ketiga

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait