alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sepekan, Aceh-Sumut Diguncang 31 Kali Gempa Bumi

Riki Chandra Sabtu, 27 November 2021 | 14:24 WIB

Sepekan, Aceh-Sumut Diguncang 31 Kali Gempa Bumi
Ilustrasi gempa bumi. [Antara]

Dalam sepekan terakhir, wilayah Aceh dan Sumatera Utara atau Aceh-Sumut, diguncang 31 kali gempa bumi.

SuaraSumut.id - Dalam sepekan terakhir, wilayah Aceh dan Sumatera Utara atau Aceh-Sumut, diguncang 31 kali gempa bumi. Gempa pada periode 19-25 November 2021 itu sebagian besar terjadi di sekitar Megathrust.

Hal itu diungkapkan Pusat Gempa Regional (PGR) I, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah 1 Medan.

Peneliti PGR I BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela di Medan, Sabtu, mengatakan gempa bumi yang terjadi dalam sepekan terakhir atau periode 19-25 November 2021 di Sumut dan Aceh sebagian besar terjadi di sekitar Megathrust.

"Sebagian lagi akibat zona segmen besar Sumatera," katanya, Sabtu (27/11/2021).

Baca Juga: Najwa Shihab Kenang Liputan Mencekam 16 Tahun Lalu, Ramai Disorot: Zaman Masih Ngekos?

Ia juga menjelaskan dominasi gempa terjadi di laut sebanyak 18 kejadian dan di darat sebanyak sebanyak 13 kejadian.

Sementara, untuk kedalaman, gempa dangkal (di bawah 60 Km) terjadi sebanyak 26 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 5 kejadian

Sementara Staf analisa PGR 1 BBMKG Wilayah I Medan, Lewi Ristiyono, magnitudo gempa yang terjadi dalam sepekan terakhir bervariasi, yakni 29 dengan magnitudo dibawah 4.0, dan dua gempa terjadi Magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0.

"Dari hasil catatan, dari 31 gempa yang terjadi di Sumut dan Aceh, hanya satu gempa yang signifikan dan dirasakan oleh masyarakat yakni yang terjadi di Karo," katanya.

Masyarakat diimbau tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gempa dan tetap merespon dengan cepat informasi BMKG, menjaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi di era pandemik.

Baca Juga: Polda Aceh Setop Kasus Jurnalis Bahrul Asal Minta Maaf, AJI: Kasus Tak Layak Dilanjutkan!

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg, demikian Lewi Ristiyono. (Antara)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait