facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tempat Liburan di Binjai: Pantai Florida hingga Kolam Abadi Langkat

Pebriansyah Ariefana Selasa, 14 Desember 2021 | 17:25 WIB

Tempat Liburan di Binjai: Pantai Florida hingga Kolam Abadi Langkat
Masjid Raya Binjai (pemprov Sumut)

Kota yang berada dekat dari Kota Medan ini memiliki destinasi wisata yang menarik.

SuaraSumut.id - Kota Binjai, Sumatera Utara, merupakan salah satu tempat yang asyik untuk dikunjungi selama liburan. Kota yang berada dekat dari Kota Medan ini memiliki destinasi wisata yang menarik.

Tentu saja, pesona keindahan mulai dari daratan hingga lautan tidak bisa diragukan lagi.

Simak ulasan tempat liburan di Binjai berikut.

1. Pantai Florida

Baca Juga: Kadishub Binjai Resmi Ditahan, Diduga Korupsi CCTV

Pantai Florida di Binjai layaknya sebuah wisata di luar negeri. Meskipun demikian, tempat wisata yang satu ini nyatanya memiliki keunikan yang sangat mempesona.

Nama pantai tidak mengartikan wujud tempat sebagaimana wisata yang Anda dapatkan di tempat lainnya. Pantai Florida merupakan sebuah air terjun alami yang berasal dari bebatuan.

Perpaduan air jernih dari sumber alami dan susunan batu hitam menghadirkan daya tarik tersendiri. Beberapa masyarakat bahkan sering menyebut tempat wisata yang satu ini dengan nama pemandian Namu Ukur sesuai dengan nama desanya. Anda bisa mendapatkan pengalaman menantang dengan mencoba aktivitas cliff jumping.

2. Kolam Abadi Langkat

Kolam Abadi Langkat sangat direkomendasikan untuk Anda pecinta alam. Kolam abadi yang memiliki aliran air jernih dari Air Terjun Teroh-Teroh ini menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Baca Juga: Polres Binjai Ringkus 8 Pelaku Pembakar Warga Langkat Hidup-hidup

Air jernih yang tampak biru kehijauan ini membuat bagian dasar dari kola mini tampak nyata. Anda bisa menikmati Kolam Abadi Langkat untuk berenang karena kolamnya tidak terlalu dalam.

Tak hanya bermain air, lokasi Kolam Abadi Langkat yang masih sangat alami menyajikan pemandangan menarik. Perpaduan hutan dan kolam sangat indah untuk dijadikan sebagai spot foto yang menarik.

3. Arung Jeram Sungai Bingei

Bagi Anda yang menyukai wisata adrenalin sayang jika tidak menikmati wahana yang satu ini. Arum Jeram Sungai Bingei menghadirkan kegiatan seru yang bisa dilakukan oleh beberapa golongan umur tertentu.

Serum Jeram Sungai Bingei menghadirkan kegiatan yang semakin menantang untuk tingkatan umur yang semakin tinggi. Jangan khawatir, tempat ini dijamin cocok untuk Anda sebagai pemula maupun yang sudah memiliki pengalaman rafting. Keberadaan pemandu wisata dalam memberi arahan dapat menjamin keselamatan Anda.

4. Masjid Raya Binjai

Masjid Raya Binjai termasuk bangunan yang wajib Anda kunjungi. Bangunan yang telah berdiri sejak ratusan tahun ini merupakan bukti peninggalan dari Kesultanan Langkat.

Masjid Raja Binjai yang telah berusia sekitar 129 tahun ini memiliki bentuk perpaduan arsitektur antara budaya Arab dan Melayu. Keunikan yang ditawarkan dijamin membuat Anda terpesona.

5. Air Terjun Siluman

Bagi Anda yang menyukai wisata menantang wajib mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Menitipkan kendaraan di rumah warga dan berjalan kaki menuju tempat ini adalah cara tepat untuk dilakukan.

Lazimnya, Anda membutuhkan jarak sekitar 20 km dari pusat kota hingga ke Air Terjun Siluman. Air terjun ini memiliki ciri khas tersendiri karena batuan yang dialiri air hingga jatuh ke bawah terbentuk seperti potongan yang beraturan. Air terjun yang biasa mengalir dengan deras bahkan bisa menghilang dengan sendirinya ketika aliran air yang di atasnya tidak terlalu deras.

6. Pasar Kaget Binjai

Jika Anda ingin mencari wisata kuliner malam hari di Binjai, maka Pasar Kaget Binjai adalah jawabannya. Pasar ini beroperasi dari pukul 18.00 hingga 04.00 dan menyediakan berbagai macam kuliner dengan harga terjangkau.

Anda akan menemukan berbagai makanan dari yang umum hingga unik. Makanan yang umum diantaranya Mie Medan, Soto Medan, roti canai, lemang, dan lain-lain. Sedangkan makanan unik yang bisa ditemukan di sana adalah sate kodok dan sate ular.

7. Kuil Sri Rajeshwari Amman Kovil

Kuil yang sudah berdiri ratusan tahun ini dulunya merupakan rumah ibadah keluarga India dari Inggris yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Kuil ini memiliki desain yang mirip dengan kuil Shri Mariamman di Medan. Pada bagian luar kuil juga bisa ditemui sumur yang usianya sudah ratusan tahun

Bangunan ini menjadi simbol akulturasi di Binjai. Menara bertingkat dapat dilihat pada bagian luar kuil dengan beberapa patung yang menghiasi bagian atap. Desain kuil yang dihiasi beragam warna ini menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berfoto-foto.

Kontributor : Titi Sabanada

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait