facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Tips Amankan Data Pribadi Saat Memakai Media Sosial

Suhardiman Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:41 WIB

6 Tips Amankan Data Pribadi Saat Memakai Media Sosial
Ilustrasi media sosial (pexels.com/KerdeSeverin)

Langkah pertama membedakan alamat surel (surat elektronik) untuk media sosial dan layanan perbankan.

SuaraSumut.id - Setiap Anda perlu memahami pentingnya perlindungan data dan keamanan data pribadi saat memakai media sosial.

Berikut enam tips yang bisa diterapkan agar data pribadi bisa terhindar dari potensi pembobolan atau pencurian data.

Langkah pertama membedakan alamat surel (surat elektronik) untuk media sosial dan layanan perbankan.

"Gunakan alamat email untuk tujuannya masing-masing, misalnya menggunakan alamat email yang berbeda antara kebutuhan transaksi dan media sosial," kata Presiden Direktur ITSEC Asia, Andri Hutama Putra melansir Antara, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Klarifikasi Rizky Billar usai Tak Terima Dituding Numpang Hidup ke Lesti Kejora

Pengguna media sosial juga harus secara berkala mengubah kata sandi jejaring sosialnya sehingga tidak mudah ditebak oleh pencuri data.

Meski terkesan sederhana, mengganti kata sandi secara berkala merupakan salah satu cara paling ampun dalam menjaga data pribadi agar tidak mudah dicuri.

Ketiga, jangan asal mengklik tautan mencurigakan. Di media sosial banyak beredar informasi-informasi yang perlu kita cek ulang kebenarannya, dan jangan sembarang tergoda oleh tautan-tautan yang sebenarnya mencurigakan.

Hal ini untuk menghindari serangan phising yang meretas informasi seperti data akun dan data pribadi lainnya.

Keempat, pastikan anda mengenali fitur-fitur pengaman aplikasi dan memanfaatkannya. Di dalam aplikasi media sosial sebenarnya sudah ada berbagai fitur keamanan yang disediakan, seperti Two Factor Authentication (2FA), One Time Password (OTP), End-to-end encryption, setelan privasi, peringatan masuk akun, dan lainnya. Kenali dan aktifkan fitur-fitur tersebut untuk menambah keamanan saat bersosial media.

Baca Juga: Anaknya yang Balita Ada saat Rumah Digeledah Timsus, Istri Ferdy Sambo Syok Nangis di Kamar

Kelima, berhati-hati saat memanfaatkan aplikasi Virtual Private Network (VPN). Terutama untuk pengguna VPN tak berbayar, anda perlu berhati-hati karena kemungkinan data-data pribadi yang ada di dalam perangkat kita dicuri oleh penjahat siber.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait