Suhardiman
Ika Dafid atau Mekanik Ika tengah mengerjakan servis sepeda motor [Beritajatim.com].

SuaraSumut.id - Seorang perempuan mantan guru TK di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, banting setir menjadi montir atau mekanik bengkel. Aktivitas itu telah dilakoninya sejak setahun terakhir.

Roihatul Jannah (33) mendirikan bengkel bersama adiknya, Ferdian Muzakki yang berada di rumah orangtuanya di Dusun Jatimalang, Desa Kedawung, Kecamatan Mojo. Bengkel itu bernama Sumber Arta Motor.

"Saat pandemi (Covid-19) ini saya bantu adik saya," katanya, melansir dari terkini.id, Rabu (18/8/2021).

Pekerjaannya itu sempat mendapat cibiran dari warga maupun teman-temannya. Hal itu dikerenakan bertolak belakang dari latar belakang pendidikannya.

Baca Juga: Soal Tudingan Teror Hakim, 6 Eks Pimpinan KPK Tantang Eks Ketua KY Aidul Beberkan Bukti

Ia merupakan seorang sarjana pendidikan guru sekolah dasar (SD). Dirinya pernah mengajar di SD dan mengajar selama tiga tahun di Taman Kanak-kanak (TK).

"Ada yang menyayangkan, misalnya bilang, ‘kok kamu mau tanganmu jadi kotor kena oli’, ada juga yang ngomong lain," katanya.

Namun ia tidak ambil pusing terhadap semua omongan itu. Menurutnya, apa yang dilakukannya adalah bagian dari kesetaraan profesi dan sesuatu yang hal yang halal.

"Memang montir biasanya, kan, pekerjaan laki-laki, tapi kalau kita sendiri yakin dan berusaha sekuat tenaga, pasti bisa," katanya.

Ika mengaku masih mengerjakan pekerjaan yang ringan-ringan dan sederhana saja, misalnya bongkar pasang baut maupun bongkar karburator.

Baca Juga: Meninggalnya Kim Min Kyung Jadi Duka Mendalam Industri Peran Korea Selatan

Untuk kerusakan berat, semua dilakukan Ferdian atau akrab disapa Bogang alias Bongoh. Ferdian ini sebelumnya menjadi montir di sebuah bengkel milik orang lain.

Komentar