alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ukur Saturasi Oksigen dan Mengetahui Kadar Oksigen Normal, Begini Caranya

Chandra Iswinarno Kamis, 22 Juli 2021 | 18:19 WIB

Ukur Saturasi Oksigen dan Mengetahui Kadar Oksigen Normal, Begini Caranya
pulse oximeter di rumah (Freepik)

Lonjakan kasus Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir membuat warga waspada untuk menghadapinya. Kebutuhan Oximeter untuk mengukur kadar oksigen dalam darah makin banyak.

SuaraSumut.id - Lonjakan kasus Covid-19 di tanah air dalam beberapa waktu terakhir membuat warga semakin waspada untuk menghadapinya. Banyak cara yang dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak tertular Covid-19.

Salah satunya adalah mendeteksi lebih dini kadar oksigen dalam darah. Langkah itu lazim dilakukan petugas kesehatan untuk mengantisipasinya. Lantas muncul pertanyaan, berapa saturasi oksigen normal?

Berikut ini penjelasan saturasi oksigen lengkap dengan cara mengukur saturasi oksigen.

Menyadur dari situs Kemenkes (Kementerian Kesehatan), tanda maupun gejala umum terpapar virus Covid-19 yakni demam, sesak nafas, dan batuk. Untuk masa inkubasi sekitar 5-14 hari.

Baca Juga: Berapa Saturasi Oksigen Normal? Begini Panduannya

Diketahui, Covid-19 ini menyerang sistem pernapasan yang mana mengakibatkan para penderitanya sulit bernapas, sehingga tubuh pun kekurangan saturasi oksigen. Tubuh yang kurang oksigen ini akan membuat kondisi kesehatan memperburuk, bahkan dapat berujung kematian.

Nilai Saturasi Oksigen Normal

Diketahui nilai saturasi oksigen normal berada pada nilai 95 persen hingga 100 persen. Jika nilai saturasi oksigen berada di bawah 85 persen, itu artinya tubuh perlu memperoleh oksigen cukup serta penanganan medis.

Sedangkan jika nilai saturasi oksigen berada di bawah 70 persen, itu artinya sudah dalam kondisi membahayakan dan memerlukan perawatan medis lebih lanjut.

Perlu diketahui, nilai denyut nadi normal pada orang dewasa berada pada angka antara 60 hingga 100 denyut (per menit). Jadi, umumnya jika detak jantung lebih rendah saat dalam kondisi normal itu tandanya fungsi jantung serta kebugaran berada dalam kondisi lebih baik.

Baca Juga: Saturasi Oksigen Normal Berapa? Ini Penjelasan dan Cara Mengukur Saturasi Oksigen

Cara mengetahui saturasi oksigen  normal atau tidak di dalam darah yakni dapat menggunakan oximeter. Dengan mengetahui saturasi oksigen, maka penderita covid-19 tahu kapan membutuhkan perawatan medis lebih lanjut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait