alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bobby Nasution Bakal Bangun Kolam Retensi Atasi Banjir di Medan

Suhardiman Jum'at, 26 November 2021 | 15:44 WIB

Bobby Nasution Bakal Bangun Kolam Retensi Atasi Banjir di Medan
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau banjir di Medan Selayang. [Ist]

Bobby mengaku telah meninjau beberapa lokasi yang bisa dibangun kolam retensi.

SuaraSumut.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution bakal membangun kolam retensi di beberapa titik guna mengantisipasi banjir.

"Debit air masuk ke sungai yang jadi bahan kemarin. Bagaimana mengatur debit air masuk ke sungai, kalau perlu kita buat kolam retensi, kita buat," kata Bobby, melansir Antara, Jumat (26/11/2021).

Bobby mengaku telah meninjau beberapa lokasi yang bisa dibangun kolam retensi. Pihaknya juga sudah mengkomunikasikan upaya itu dengan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang maupun Dinas Pekerjaan Umum.

"Jika bisa kita jadikan kolam retensi sebelum airnya masuk ke sungai. Dari drainase kita masukkan sungai, dan sungainya meluap sama saja. Jadi kita tampung dulu airnya di situ (kolam retensi)," jelasnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Komedi Thailand: Manis dan Sukses Bikin Cekikikan

Peristiwa banjir yang melanda wilayah Kota Medan pekan ini dipicu buruknya tata kelola drainase akibat intensitas hujan yang tinggi di daerah ini.

Data Dinas Pekerjaan Umum Kota Medan menyebut, sekitar 200 titik drainase terjadi genangan air yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan dengan total drainase sepanjang 5.000 kilometer.

"Kalau perbaikan drainase harus dari hulu sampai hilir. Ada sungai kita yang hilirnya bukan di Kota Medan, itu ya. Jadi kita perbaiki drainase kita, kalau hilirnya nggak diperbaiki, malah tambah banjir," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait