Suhardiman
Polda Sumut menyita Barang Bukti 50 Kg Sabu. [Ist]

SuaraSumut.id - Polda Sumut menggagalkan penyelundupan 50 kg di Jalan Megawati, Medan-Binjai, Sumatera Utara. Dua orang laki-laki berinisial M (22) dan F (22) warga Perlak, Aceh, ditangkap.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, pengungkapan terjadi pada Selasa (21/12/2021). Petugas mendapat informasi akan ada pengiriman sabu dari Aceh ke Medan dan Jakarta dengan menggunakan satu unit mobil.

Petugas lalu melakukan penyelidikan dan memonitor di wilayah perbatasan Aceh - Medan. Petugas mendapati mobil sesuai dengan ciri-ciri yang diperoleh.

"Sempat terjadi kejar-kejaram antara petugas dengan pelaku sebelum akhirnya mobil berhasil dihadang dan diamankan dua orang laki-laki," kata Hadi kepada wartawan, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga: Jatim Bentuk Satgas Khusus Mengantisipasi Omicron, Bandara Juanda Diperketat

Hadi menjelaskan, petugas lalu menggeledah mobil dan menemukan sabu dengan berat total 50 kg.

"Beberapa bungkus diletakkan di bagian dalam pintu-pintu mobil, sedangkan yang lainnya ada dalam 2 karung yang dikemas dalam pakaian bekas," ujar Hadi.

Dari interogasi terhadap M, mereka disuruh oleh A (dalam penyelidikan) mengambil satu unit mobil berisi sabu di daerah Idi, Aceh, untuk dibawa ke Medan dan Jakarta. Mereka dijanjikan upah ratusan juta rupiah.

"Mereka dijanjikan Rp 200 juta, namun baru menerima Rp 5 juta. Saat berangkat dari Aceh mereka disuruh ganti nomor HP baru. Ketika sudah sampai Medan disuruh menunggu dan akan diberi petunjuk terkait pengiriman narkotika selanjutnya," jelas Hadi.

Petugas sempat menunggu untuk memastikan ada yang menghubungi mereka. Lantaran tak ada yang menghubungi, petugas membawa keduanya bersama barang bukti ke Polda Sumut guna pemeriksaan lebih lanjut.

Baca Juga: Nyaris Lepas! Harimau Kebun Binatang Banjarnegara Lompat ke Atap Kandang

"Saat ini tim sedang mengembangkan jaringannya," tukasnya.

Komentar