Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Orang Tua Protes Pembelajaran di Rumah: Anak Butuh Ilmu, Bukan Cuma Ijazah

Husna Rahmayunita Minggu, 26 Juli 2020 | 08:27 WIB

Orang Tua Protes Pembelajaran di Rumah: Anak Butuh Ilmu, Bukan Cuma Ijazah
Ilustrasi pembelajaran daring. (Unsplash/@anniespratt)

"Kalau saya sebagai orang tua tak sanggup mendidik anak saya (di rumah), karena tugas saya untuk mencari nafkah".

SuaraSumut.id - Beredar video yang menampilkan curhatan hati orang tua soal sistem pembelajaran di rumah yang justru dianggap membuat anaknya tidak belajar.

Video keluhan orang tua tersebut muncul dalam unggahan akun Instagram @fakta.indo, Sabtu (25/7/2020) dan kini viral.

Dalam rekaman itu, tampak seorang laki-laki berbaju kuning berbicara kepada beberapa guru yang tengah mengajar sejumlah siswa.

Kebetulan saat itu, pembelajaran di lakukan di teras bangunan berdinding kayu yang tidak diketahui lokasi pastinya.

Melihat hal sedemikian rupa, laki-laki dalam video terdengar mencurahkan isi hatinya. Ia terang-terangan mengaku tidak setuju dengan sistem belajar di rumah.

Pasalnya, ia menilai sang anak malah tidak belajar jika di rumah, beda saat di sekolah. Sementara dirinya merasa tak sanggup membimbing anaknya belajar.

"Anak malah nggak belajar. Kalau saya sebagai orang tua tak sanggup mendidik anak saya (di rumah) karena tugas saya untuk mencari nafkah. Makanya saya serahkan kepada sekolah supaya anak saya itu dididik, dibimbing," ucap pria itu seperti dikutip Suara.com dari video, Minggu (26/7).

Menurut pria tersebut, sudah menjadi tugas guru memberikan ilmu kepada para siswa. Namun pembelajaran di rumah tak efektif bagi anaknya.

"Makanya untuk ilmu di sekolah, kita serahkan kepada bapak atau ibu guru di sana. Tapi kalau kayak ini, terlantar. Saya tidak setuju sama sekali," ungkapnya.

Meski begitu, ia tak memungkiri bahwa metode pembelajaran di rumah program pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Sedangkan guru hanya menjalankan tugas tersebut, sehingga ia menyetil pencetus kebijakan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait