Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ngidam Makanan Asin Tapi Takut Gemuk, Ini 5 Jenis Camilan Sehat Buat Kamu!

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi Senin, 28 September 2020 | 14:40 WIB

Ngidam Makanan Asin Tapi Takut Gemuk, Ini 5 Jenis Camilan Sehat Buat Kamu!
Ilustrasi keripik sayur. (Shutterstock)

Mau ngemil yang asin-asin tapi takut darah tinggi? Ini solusinya!

SuaraSumut.id - Berdasarkan panduan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kita diminta membatasi asupan garam, gula, dan lemak (GGL) karena dapat memicu penyakit kronis seperti hipertensi, jantung, diabetes, kolestrol hingga stroke.

Batasan konsumsi gula dalam sehari adalah 50 gram atau setara empat sendok makan, sementara batasan lemak adalah lima sendok makan atau 67 gram minyak, dan garam maksimal satu sendok teh atau lima gram.

Khususnya bagi penggemar makanan asin memang tidak mudah, apalagi jika hasrat ngemil tak bisa ditahan. Tapi Anda bisa mengakalinya dengan lima camilan asin tapi juga tetap sehat seperti mengutip Today berikut ini.

1. Keju

Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]
Ilustrasi keju cheddar. [Shuttestock]

Kandungan kombinasi protein dan lemak dalam keju bisa memberikan efek sangat mengenyangkan, sehingga mengonsumsi sedikit keju sudah cukup dibanding makanan berlemak lain. Porsi yang tepat mengonsumsi keju satu ons atau 100 gram, para ahli menyarankan pilihlah keju dengan rasa yang kuat, seperti keju cheddar, keju jenis ini bisa memberikan banyak rasa meski dikonsumsi dalam jumlah kecil, sehingga keinginan nyemil bisa cepat terpuaskan.

2. Kacang

Ngidam Makanan Asin Tapi Takut Gemuk, Ini 5 Jenis Camilan Sehat Buat Kamu! - 2

Hampir semua kacang-kacangan menyehatkan, kecuali kacang yang sudah ditaburi banyak garam atau gula. Kacang adalah sumber protein nabati dan lemak sehat yang baik. Kacang juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi. Pilih jenis kacang kenari yang mengandung antioksidan tertinggi. Tipsnya jika kacang mahal, belilah dalam jumlah banyak untuk menghemat harga.

3. Berondong Jagung

Ilustrasi popcorn. (Pixabay/Stevepb)
Ilustrasi popcorn. (Pixabay/Stevepb)

Dikenal juga dengan sebutan popcorn, berondong jagung kaya serat dan antioksidan. Popocorn bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak tanpa terbebani kalori yang ada di dalamnya. Kesalahan yang membuat popcorn tidak sehat adalah kita menambahkan topping manis yang mengandung lemak jenuh. Tipsnya buatlah popcorn di atas kompor bukan di atas microwave, taburkan ragi untuk mendapatkan rasa asin yang sehat.

4. Cemilan rumput laut

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait