alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanguy Ndombele yang Makin Disukai Jose Mourinho

Rully Fauzi Senin, 18 Januari 2021 | 15:37 WIB

Tanguy Ndombele yang Makin Disukai Jose Mourinho
Gelandang Tottenham Hotspur, Tanguy Ndombele. [Daniel LEAL-OLIVAS / AFP]

Gelandang internasional Prancis itu mencetak gol indah saat Tottenham menghempaskan Sheffield 3-1 tadi malam.

SuaraSumut.id - Transformasi Tanguy Ndombele nampaknya mulai terlihat di Tottenham Hotspur setelah diboyong dengan banderol mahal 55 juta pounds dari Lyon pada Juli 2019 lalu.

Belakangan gelandang berpaspor Prancis itu mulai konstan menampilkan permainan apik dan kian sering mendapatkan kepercayaan dari manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

Teranyar, Ndombele tampil ciamik dan menciptakan momen ajaib, Minggu (17/1/2021) malam WIB.

Pemain berusia 24 tahun itu melepaskan lob yang sangat menawan sambil membelakangi gawang, untuk mencetak gol ketiga Tottenham saat menang 3-1 melawan tuan rumah Sheffield United dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/2021.

Baca Juga: Bebas Transfer, AC Milan Selangkah Lagi Amankan Servis Mario Mandzukic

Gol di Bramall Lane tersebut adalah gol kelima Ndombele setelah satu setengah tahun yang sulit bersama klubnya.

Ketika Jose Mourinho tiba di Tottenham empat bulan setelah Ndombele, pelatih asal Portugal tersebut jelas tak terlalu terkesan pada sang gelandang.

Cedera tidak membantu Ndomebele, namun Mourinho kerap mempertanyakan kebugaran dan kemampuannya dalam beradaptasi dengan sepakbola Inggris.

Sepertinya sudah tidak ada masa depan lagi untuk rekrutan paling mahal Tottenham tersebut Maret silam, ketika dia ditarik pada babak pertama saat melawan Burnley.

Mourinho mengkritik Ndombele bahwa keberadaan dia di lapangan membuatnya 'tidak memiliki gelandang.'

Baca Juga: Marko Simic Buka Kans Tinggalkan Persija dengan Status Pinjaman

Hubungan buruk di antara kedua orang ini mencapai puncaknya ketika pelatih dan pemain ini bersitegang di lapangan latihan setelah restart liga musim lalu.

Tetapi Mourinho tetap memberi Ndombele peluang untuk membuktikan diri dan musim ini dia terlihat menjadi pemain yang memang diinginkan oleh Tottenham.

Usai melawan Sheffield itu, Mourinho memuji habis-habisan gelandang tengah bertenaga kuda tersebut, yang musim ini sudah lebih sering diturunkan sebagai starter ketimbang yang dialami selama musim lalu.

"Saya cukup berpengalaman untuk mengatakan dan merasakan bahwa ketika seorang pemain tidak bermain bagus sekali, maka itu tanggung jawabnya, dan ketika seorang pemain membalikkan segalanya dan membawa level performanya ke level yang sangat tinggi, itu juga tanggung jawabnya," kata Mourinho kepada wartawan ketika ditanya soal kebangkitan Ndombele.

Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho di Bramall Lane pada lagatimnya kontra Sheffield United di pekan ke-19 Liga Inggris 2020/2021, Minggu (17/1/2021) malam WIB.

Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho di Bramall Lane pada lagatimnya kontra Sheffield United di pekan ke-19 Liga Inggris 2020/2021, Minggu (17/1/2021) malam WIB. [MIKE EGERTON / POOL / AFP]
Manajer Tottenham Hotspur, Jose Mourinho di Bramall Lane pada lagatimnya kontra Sheffield United di pekan ke-19 Liga Inggris 2020/2021, Minggu (17/1/2021) malam WIB. [MIKE EGERTON / POOL / AFP]

Dan dengan absennya pilihan utama Dele Alli dari skuad untuk pertandingan melawan Sheffield itu. Mourinho menambahkan, 'Itu contoh besar bahwa bersama saya pintu selalu terbuka.'

"Pintu tim selalu terbuka dan manakala seorang pemain tidak bermain maka dia harus berusaha memahami mengapa dan dia harus berusaha memahami bagaimana dia bisa berjalan melewati pintu itu."

"Gol itu luar biasa, tetapi saya tak peduli dengan gol itu, saya mempedulikan performa dan kinerjanya memang luar biasa dan saya sungguh senang dia mencapai level ini. Dia bermain amat sangat bagus," sambung Mourinho.

Setelah hanya menang satu kali dari enam pertandingan liga sebelumnya, kemenangan dari Sheffield membuat Tottenham cuma berselisih empat poin dari puncak klasemen. Namun Mourinho menyatakan masa untuk menilai musim ini akan terjadi ketika semuanya berakhir.

"Saya kira pada akhir musim ini, bersama hasil yang baik, Anda mengakui betapa bagus musim Anda, betapa lebih baik itu bisa terjadi, betapa buruk itu bisa terjadi, dan di mana Anda bisa meningkat," tutup eks pelatih Chelsea dan Manchester United itu.

[Antara]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait