alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanggapan Van der Sar soal Situasi Sulit Donny van de Beek di MU

Rully Fauzi Selasa, 19 Januari 2021 | 19:45 WIB

Tanggapan Van der Sar soal Situasi Sulit Donny van de Beek di MU
Gelandang serang Manchester United, Donny van de Beek. [MATT DUNHAM / POOL / AFP]

Van de Beek tidak mendapat menit bermain ideal di Manchester United, yang notaben merupakan mantan tim Van der Sar.

SuaraSumut.id - Eks kiper Manchester United (MU) yang kini menjabat CEO Ajax, Edwin van der Sar memberi tanggapan ihwal minimnya menit bermain Donny van de Beek bersama Setan Merah musim ini. Van der Sar rupanya tak terlalu risau dengan situasi sang gelandang di Old Trafford.

Manchester United harus merogoh kocek mereka cukup dalam, yakni 35 juta pounds untuk merekrut Van de Beek dari Ajax pada bursa transfer musim panas 2020.

Gelandang internasional Belanda berusia 23 tahun yang disebut-sebut sebagai salah satu prospek terbaik di Eropa itu diikat kontrak berdurasi lima tahun.

Namun, Van de Beek nyatanya kesulitan mendapatkan menit bermain yang ideal dari pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer sejak awal musim 2020/2021 ini.

Baca Juga: Duh! Hukuman Larangan Bertanding 12 Laga Hantui Lionel Messi

Sebagai gelandang tengah, produk asli akademi Ajax itu praktis kalah bersaing dengan Bruno Fernandes ataupun Paul Pogba di pos gelandang serang.

Sementara di pos gelandang sentral, Van de Beek juga bisa dibilang masih di belakang nama-nama macam Fred, Scott McTominay dan Nemanja Matic, yang lebih sering dipilih Solskjaer masuk starting eleven Manchester United.

Van de Beek cuma dua kali jadi starter dari 18 laga yang telah dilakoni Manchester United di Liga Inggris musim ini.

Ia bahkan sama sekali tak tampil dalam lima laga pamungkas Setan Merah di liga, termasuk dalam hasil imbang 0-0 kontra Liverpool di Anfield akhir pekan lalu.

Tak ayal, banyak pihak mempertanyakan terkait urgensi perekrutan Van de Beek dari Ajax.

Baca Juga: Demi Belanda, Ronald de Boer Sarankan Donny Van de Beek Tinggalkan MU

Van der Sar, sosok yang terlibat dalam kesepakatan Van de Beek ke Manchester United, pun angkat bicara terkait situasi sulit sang gelandang saat ini.

Van der Sar mengklaim, meski menit bermainnya amat minim musim ini, Van de Beek sangat dihormati oleh Solskjaer dan staf pelatih lainnya.

"Saya masih rutin berbicara dengan banyak orang di Manchester United. Saya sama sekali tak khawatir soal Donny," buka Van der Sar kepada Ziggo Sport.

Mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar. [EMMANUEL DUNAND / AFP]
Mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar. [EMMANUEL DUNAND / AFP]

"Dia tak banyak bermain, tapi dia sama sekali tak komplain. Itu sikap yang fantastis, dia melakukannya dengan bagus saat latihan. Anda harus mengerti, di klub macam United, persaingan antarposisi begitu ketat," celoteh mantan kiper andalan sekaligus kapten Timnas Belanda itu.

"Itu memang sulit, untuk mendapatkan tempat di lini tengah. (Paul) Pogba sedang kembali ke form terbaiknya, (Bruno) Fernandes sangat penting. (Nemanja) Matic dan (Scott) McTominay juga ada di sana."

"Tidak memalukan sama sekali. Seperti yang saya katakan, ini (Manchester United) juga klub besar, bukan? Tentunya, jumlahnya besar (biaya transfer Van de Beek), tapi mereka yakin Donny akan segera mencapai level itu. Ole dan staf pelatih di United percaya penuh padanya," tukas Van der Sar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait