alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pribadi yang Taqwa di Bulan Ramadhan

Suhardiman Sabtu, 08 Mei 2021 | 15:59 WIB

Pribadi yang Taqwa di Bulan Ramadhan
Dr.Aminuddin, S.Sos.MA. [Ist]

Berpuasa pada bulan Ramadhan dapat meningkatkan ketaqwaan.

SuaraSumut.id - Bulan Ramadhan adalah yang paling di tunggu-tunggu umat Islam setiap tahun di seluruh dunia. Karena pada bulan ini terdapat satu malam yang dipercaya lebih baik daripada 1000 bulan, yaitu malam lailatul qadar. 

Selain itu, pada bulan Ramadhan adalah saat di mana Alquran diturunkan di bumi sebagai pedoman seluruh umat. Berpuasa pada bulan Ramadhan dapat meningkatkan ketaqwaan.

Hal ini dipertegas dalam firman Allah dalam Q.S Albaqarah: 183 yang artinya, "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa".

Firman Allah tersebut terkandung makna bahwa ibadah puasa itu esensinya adalah membentuk pribadi muslim yg bertaqwa. Betapa pentingnya nilai taqwa dalam kehidupan seorang muslim. Ia merupakan bekal yang terbaik dalam menjalani kehidupan di dunia dan manusia yang paling mulia derajatnya di sisi Allah SWT adalah orang yang paling taqwa di antara mereka. 

Baca Juga: Merayakan Lebaran Idul Fitri Tanpa Sampah, Petugas Kebersihan Lembur

Taqwa dalam arti sederhananya adalah mengerjakan seluruh perintah Allah dan menjauhi segala larangan-nya. Tentu saja hal ini tidak lain dilakukan agar seseorang mendapat cahaya (petunjuk) dari Allah karena mengharap rahmat-nya dan ia meninggalkan maksiat karena takut akan siksa-nya. 

Tidaklah seseorang dikatakan taqwa kepada Allah jika dia belum menjalankan kewajiban yang Allah tetapkan dan menunaikan hal-hal yang sunnah seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad Saw.

Seseorang yang bertaqwa tentulah Ia beriman, karena sifat orang bertaqwa senantiasa melekat dalam sifat orang yang beriman. Lantas puasa yang bagaimanakah yang mampu membentuk pribadi yang taqwa? Tentunya disini adalah puasa yang dilakukan dengan sebenar-benarnya sesuai dengan makna puasa hingga akhirnya derajat taqwa mampu diterima.

Orang yang mampu memaknai puasa maka ia akan senantiasa melaksanakan segala yang menjadi perintah Allah dan menjauhi segala larangan-nya. 

Orang yang demikian akan senantiasa bersyukur dan menikmati apapun yang diberikan Allah kepadanya. Untuk mencapai ketaqwaan, tentu saja seorang mukmin harus memiliki visi dan misi dalam hidupnya. Visi seorang mukmin adalah beribadah, menyembah dan memperhambakan diri pada Allah, sedangkan misinya adalah tugas untuk menjalankan visi tersebut. Visi dan misi harus berjalan beriringan semata-mata mencari ridha Allah SWT.

Baca Juga: Nasdem Riau Pastikan belum Ada Nama yang Bakal Duduki Wakil Wali Kota Dumai

Amalan puasa bukan hanya menahan rasa lapar dan dahaga saja, melainkan juga ada ibadah lain yang dapat dikerjakan yang esensinya dapat melatih diri untuk menjadi lebih baik. Untuk melatih diri agar menjadi pribadi yang taqwa, ada beberapa hikmah puasa Ramadhan yang dapat dijadikan pedoman, diantaranya:

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait