alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Cara Agar Kolesterol Tidak Naik Setelah Puasa

Muhammad Yunus Jum'at, 14 Mei 2021 | 14:03 WIB

5 Cara Agar Kolesterol Tidak Naik Setelah Puasa
Ilustrasi opor ayam saat lebaran (Pixabay/polymanu)

Banyak orang mengalami perubahan pola makan setelah puasa

SuaraSumut.id - Pada saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri, banyak orang mengalami perubahan pola makan. Dampaknya, naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

Melonjaknya kolesterol pada saat lebaran bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Hal ini terjadi karena tingginya konsumsi santan, daging, serta kudapan tak sehat.

Sejatinya, kolesterol merupakan semacam lemak yang memberi energi pada sel. Salah satu fungsinya adalah membentuk hormon yang diperlukan tubuh. Sayangnya kebanyakan kolesterol justru bisa memicu munculnya penyakit kardiovaskular.

Ada sejumlah tindakan bisa kamu lakukan untuk mencegah kolesterol melonjak dengan pesat.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idulfitri, Benarkah Santan Bisa Tingkatkan Kolesterol?

Mengutip dari telisik.id -- jaringan suara.com, berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah melonjaknya kolesterol:

1. Rutin Berolahraga

Berolahraga merupakan kunci untuk mencegah dan mengurangi kolesterol tinggi pada tubuh. Melakukan aktivitas fisik selama 40-60 menit secara rutin ampuh menjauhkan diri kamu dari kolesterol.

2. Hindari Lemak Jenuh

Makanan berlemak jenuh membuat kolesterol jahat meningkat drastis. Biasanya makanan seperti ini ditemukan dalam lemak daging, kuning telur, dan makanan kering. Batasi asupan lemak jenuh 20 gram saja dalam sehari untuk mencegah kolesterol meningkat.

Baca Juga: Kebiasaan Makan Kentang Justru Tingkatkan Kolesterol Tinggi, Kok Bisa?

3. Menjaga Berat Badan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait