alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pekan Ketiga Agustus, 39 Kali Gempa Terjadi di Sumut dan Aceh

Suhardiman Selasa, 24 Agustus 2021 | 14:04 WIB

Pekan Ketiga Agustus, 39 Kali Gempa Terjadi di Sumut dan Aceh
Ilustrasi gempa bumi. (Antara/ist)

Dari 39 kejadian gempa itu, terdapat tiga gempa yang signifikan dan diraskan oleh masyarkat.

SuaraSumut.id - PGR BBMKG Wilayah I Medan mencatat, ada 39 kali gempa bumi terjadi di Sumut dan Aceh pada pekan ketiga atau periode 13 hingga 20 Agustus 2021.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hartanto mengatakan, gempa dengan kekuatan di bawah magnitudo 4.0 sebanyak 37 kejadian dan magnitudo antara 4.0 sampai 5.0 sebanyak 5 kejadian.

Kegempaan di wilayah Sumut dan Aceh diklasifikasi menjadi dua menurut kedalamannya, yaitu dangkal (di bawah 32 Km) sebanyak 32 kejadian dan menengah (60 sampai dengan 300 km) sebanyak 7 kejadian.

"Lokasi gempa pada pekan ketiga ini dominan di darat sebanyak 28 kejadian dan di laut 11 kejadian," katanya, melansir dari Antara, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Lord Adi Dijamu Pemerintah Tanah Datar, Warganet Kompak Tagih Hadiah ke Bupati

Peneliti BBMKG Wilayah I Medan, Marzuki Sinambela mengatakan, aktivitas kegempaan sangat dipengaruhi oleh aktivitas seismik di sekitar Sumatera dan sebagian di wilayah subduksi di Pantai Barat Sumatera. Dari 39 kejadian gempa itu, terdapat tiga gempa yang signifikan dan diraskan oleh masyarkat.

"Ketiga gempa yang dirasakan terjadi di laut yakni dua terjadi di Kota Sabang diakibatkan oleh segmen Seulimeu dan 1 kejadian terjadi di Nias Utara akibat dari aktivitas subduksi di Pantai Barat Sumatera," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait