alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tol Sibanceh Akan Dioperasikan Desember 2021

Suhardiman Rabu, 15 September 2021 | 15:57 WIB

Tol Sibanceh Akan Dioperasikan Desember 2021
Tol Sibanceh Bakal Dioperasikan Desember 2021. [ANTARA]

Tol yang terdiri dari enam seksi ini mengubungkan kota Banda Aceh dengan Kapubaten Pidie.

SuaraSumut.id - Ruas tol Sibanceh (Sigli-Banda Aceh) sepanjang 74 kilometer akan dioperasikan pada Desember 2021.  Tol yang terdiri dari enam seksi ini mengubungkan kota Banda Aceh dengan Kapubaten Pidie.

"Jika proses pembebasan lahan tuntas pada akhir September 2021, maka Tol Sigli-Banda Seksi 2, 5 dan 6 dapat dioperasikanDesember 2021. Saat ini, sebanyak 32 persil sudah hampir selesai, sementara 10 persil sisanya harus dilakukan upaya percepatan dan membutuhkan mediasi PPK Pengadaan Tanah, Pemkab Aceh Besar dan Pemerintah Aceh," kata Kepala Biro Administrasi Pembangunan Setda Aceh, T Robby Irza, melansir Antara, Rabu (15/9/2021).

Hal itu disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan PPK Pengadaan Tanah Kementerian PUPR, Project Manager Hutama Karya dan Pelaksana Pembangunan Adhi Karya. Pertemuan bertujuan membahas perkembangan pelaksanaan pembangunan jalan tol Sibanceh.

Ia mengimbau, PPK Pengadaan Tanah bersama sama dengan Pemkab Aceh Besar agar segera membuka ruang komunikasi dengan warga, sehingga pekerjaan konstruksi dapat segera dilanjutkan.

Baca Juga: Misterius, Pesan Ratu Elizabeth II kepada Kim Jong Un Ini Dinilai Punya Maksud Tersembunyi

"Rapat tadi juga membahas terkait skema penglepasan kawasan hutan, dimana Kementerian PUPR selaku instansi yang memerlukan tanah diminta untuk dapat mengirimkan kembali surat permohonan rekomendasi penglepasan kawasan hutan kepada Gubernur Aceh," katanya.

Bupati Aceh Besar Mawardi Ali menyatakan siap berkolaborasi dan berkomitmen untuk segera menuntaskan kendala pengadaan tanah jalan tol Sibanceh.

"Khususnya di Seksi 5 dan meminta pihak PPK Pengadaan Tanah untuk menyiapkan skema teknis penyelesaian lahan sebagai bahan untuk fasilitasi dan mediasi Pemkab Aceh Besar dengan masyarakat," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait