alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tren Kasus Covid-19 Aceh Turun, Satgas Minta Warga Disiplin Prokes

Erick Tanjung Selasa, 26 Oktober 2021 | 21:19 WIB

Tren Kasus Covid-19 Aceh Turun, Satgas Minta Warga Disiplin Prokes
Ilustrasi--Vaksinasi Covid-19 untuk mencegah penularan Covid-19. (SuaraJogja.id/Rahmat Jiwandono)

Seluruh kabupaten/kota meraih zona kuning sejak pekan lalu, dan masih bertahan hingga sekarang menurut rilis Satgas Covid-19 nasional, kata Saifullah.

SuaraSumut.id - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh meminta masyarakat untuk menjaga tren penurunan kasus infeksi virus corona sejak sebulan terakhir, dengan disiplin protokol kesehatan dan percepatan cakupan vaksinasi.

Juru Bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan seluruh kabupaten/kota di Tanah Rencong itu telah berstatus zona kuning atau risiko rendah penyebaran Covid-19 dan bertahan hingga sekarang.

“Seluruh kabupaten/kota meraih zona kuning sejak pekan lalu, dan masih bertahan hingga sekarang menurut rilis Satgas Covid-19 nasional,” kata Saifullah di Banda Aceh, Selasa (26/10/2021).

Dia menyebutkan, penambahan kasus positif baru di Aceh per hari ini sebanyak lima orang, pasien yang juga sembuh bertambah 16 orang, dan kasus meninggal dunia dilaporkan bertambah dua orang. Tren penurunan ini di Aceh terpantau sejak sebulan terakhir.

Baca Juga: Update: Positif Covid-19 Indonesia Tambah 611 Kasus, 12.989 Orang Masih Dirawat

Hal ini berdampak pada zonasi risiko di di daerah Aceh yang seluruhnya sudah risiko rendah peningkatan kasus Covid-19. Namun, kata dia, zona kuning bukan capaian terakhir yang dituju pemerintah dalam penanggulangan wabah pandemi.

“Kita masih harus melanjutkan perjuangan dalam mengendalikan penyebaran virus corona untuk mencapai zona hijau, zona tanpa kasus konfirmasi baru Covid-19, katanya.

Langkah menuju zona hijau terbuka bagi setiap kabupaten/kota, dengan syarat masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten/kota melanjutkan penelusuran kontak agresif terhadap kasus infeksi. Lalu kasus probable, dan kasus suspek, guna mencegah transmisi virus di tengah masyarakat.

Sedangkan para pengusaha, kata dia, tetap menjalankan aktivitas usahanya dengan disiplin protokol kesehatan. Pengelola tempat umum seperti fasilitas olahraga dan kawasan wisata juga tetap memberlakukan protokol kesehatan bagi pengunjung.

Protokol kesehatan mengharuskan tetap memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, mencuci tangan, mengurangi mobilitas dan lainnya.

Baca Juga: Bertambah 460, Warga Indonesia Positif Covid-19 Kini Capai 4.240.479 Orang

“Sedangkan kelompok rentan seyogyanya tetap di rumah masing-masing hingga setiap daerah berhasil menggapai zona hijau atau risiko rendah,” tuturnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait