facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

200 Desa di Taput Gelar Pilkades, Polisi Kerahkan Ratusan Personel

Suhardiman Kamis, 18 November 2021 | 14:35 WIB

200 Desa di Taput Gelar Pilkades, Polisi Kerahkan Ratusan Personel
Polisi menggelar Tactical Floor Game (TGF) persiapan menghadapi pengamanan Pilkades serentak. [Ist]

pihaknya mengerahkan 344 personel untuk mengamankan Pilkades di 200 desa di Taput.

SuaraSumut.id - Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak. Pilkades yang diikuti 200 desa ini rencananya digelar pada 23 November 2021.

Kapolres Taput AKBP Ronald F Sipayung menjelaskan, pihaknya mengerahkan 344 personel untuk mengamankan Pilkades di 200 desa di Taput.

"Ada 344 personel yang diturunkan untuk mengamankan Pilkades serentak ini," katanya kepada SuaraSumut.id, Kamis (18/11/2021).

Ronald mengatakan, 344 personel itu merupakan anggota dari Polres Taput ditambah BKO dari Brimob Polda Sumut 30 personel dan Polda Sumut 30 personel.

Baca Juga: Pesan Marsekal Hadi Tjahjanto Ke Jenderal Andika Perkasa Saat Sertijab Panglima TNI

"Yang terlibat langsung PAM TPS ada 204 personel, sisanya sebagai Pamatwil, Satgas PAM Pilkades, Dalmas dan standby," katanya.

Kapolres mengatakan, dari 241 desa yang ada di Taput, yang ikut Pilkades serentak ada 200 desa dan 400 TPS. Sedangkan jumlah calon kepala desa sebagai kontestan di 200 desa sebanyak 544 calon.

"Pengaman sudah kita atur dengan tiga pola, yaitu kurang rawan, rawan dan sangat rawan," jelasnya.

Dari tiga pola ini status kurang rawan ada 126 desa, rawan 59 desa dan sangat rawan 15 desa. Desa yang kurang rawan kita tempatkan 1 personel per-desa, untuk yang rawan 1 personil per-TPS dan sangat rawan ada 2 personel di satu TPS.

Pembagian rawan, kurang rawan dan sangat rawan ini juga ada klassifikasi nya. Artinya penerapan ketiga pola ini ada dari suhu politik di desa dan ada juga dari letak geografis.

Baca Juga: MUI Disusupi Teroris, Muhammadiyah: Kita Serahkan Pada Proses Hukum Yang Adil

Selain pengamanan Pilkades, personel yang bertugas di lapangan juga tetap berperan aktif untuk pengawasan Protokol Kesehatan (Prokes) saat pemilihan, seperti memberikan himbaun penggunaan masker jaga jarak dan cuci tangan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait