alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

41 Kali Gempa Terjadi di Sumut dan Aceh pada Pekan Ketiga November

Suhardiman Sabtu, 20 November 2021 | 16:06 WIB

41 Kali Gempa Terjadi di Sumut dan Aceh pada Pekan Ketiga November
Ilustrasi gempa bumi. (Antara/ist)

Berdasarkan lokasi kejadian gempa bumi, 24 kali terjadi di laut dan 17 kali di darat.

SuaraSumut.id - Sebanyak 41 kali terjadi gempa bumi di Sumatera Utara dan Aceh pada pekan ketiga November 2021. Berdasarkan lokasi kejadian gempa bumi, 24 kali terjadi di laut dan 17 kali di darat.

"Untuk kedalaman gempa, 38 kali termasuk gempa dangkal (di bawah 60 Km) dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak 3 kejadian," kata Staf analisa PGR I BBMKG wilayah 1 Medan, Chichi Nurhafizah, melansir Antara, Sabtu (20/11/2021).

Peneliti BBMKG Wilayah 1 Medan, Marzuki Sinambela mengaku, jumlah gempa bumi yang terjadi pada pekan ketiga November sama dengan kejadian pada pekan kedua November.

Berdasarkan magnitudo, 38 kejadian gempa yang terjadi di bawah 4.0, dua kejadian dengan magnitudo antara 4.0 sampai dengan 5.0 dan satu kejadian gempa dengan magnitude di atas 5.0.

Baca Juga: Banjir Sintang Masih Menggenang, Bupati Jarot Winarno Perpanjang Masa Libur Sekolah

Aktivitas kegempaan dominan bersumber dari aktivitas zona megathrust dan sebagian lagi di wilayah zona outerise dan patahan lokal Sumatera.

"Dari 41 gempa yang terjadi, terdapat dua gempa yang signifikan dan dirasakan di wilayah Aceh dan Tapanuli Selatan," katanya.

Masyarakat diimbau tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi gempa dan tetap merespon dengan cepat informasi BMKG.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait