alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Diperkirakan Lebih Besar Triwulan IV

Suhardiman Kamis, 25 November 2021 | 06:35 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Sumut Diperkirakan Lebih Besar Triwulan IV
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (pixabay).

Ke depan masih banyak tantangan yang dihadapi dalam menggerakkan perekonomian.

SuaraSumut.id - Ekonomi Sumatera Utara (Sumut)  diperkirakan tumbuh lebih besar pada triwulan IV dibandingkan triwulan III sebesar 3,67 persen.

"Ekonomi Sumut terus bertumbuh positif triwulan II hingga III mencapai 3,67 persen, sehingga triwulan IV diharapkan bisa lebih tinggi lagi," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumut, Soekowardojo, melansir Antara, Kamis (25/11/2021).

Ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Sumut selama 2021 diharapkan tumbuh positif sekitar 2,3 - 3,3 persen. Ke depan masih banyak tantangan yang dihadapi dalam menggerakkan perekonomian.

Dinamika terkini yang mengindikasikan risiko terkait perkembangan Covid-19 masih terjadi bisa menahan perbaikan kinerja perekonomian Sumut.

Baca Juga: DPMPTSP DKI Fasilitasi Proyek Investasi Rp 357,25 Triliun Melalui JIF

Dari aspek konsumsi, permintaan yang kian pulih ke depan di tengah suplai yang belum stabil dapat berpengaruh pada lonjakan harga, sehingga berpotensi juga meningkatkan tekanan inflasi yang mengganggu perkembangan ekonomi.

Termasuk perubahan iklim yang dapat mengganggu produksi pertanian yang merupakan salah satu sektor utama perekonomian Sumut.

"Sumut harus memperkuat sinergi untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi di tengah tantangan yang besar itu," jelasnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut, Arief Sudarto Trinugroho, mengatakan, pertemuan tahunan BI merupakan kegiatan yang penting untuk pemerintah.

Dalam pertemuan tahunan itu, pemerintah dan juga masyarakat mendapat kan informasi perkembangan ekonomi tahun berjalan dan ke depannya.

Baca Juga: Polisi Tingkatkan Patroli di Wilayah Rawan Longsor Trenggalek

"Dengan mengetahui informasi BI, maka pemerintah provinsi bisa ikut menyelaraskan berbagai kebijakan," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait