facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dosen USU Beri Pelatihan Pengolahan Pasta Bawang Merah

Suhardiman Senin, 20 Desember 2021 | 21:04 WIB

Dosen USU Beri Pelatihan Pengolahan Pasta Bawang Merah
Dosen USU Beri Pelatihan Pengolahan Pasta Bawang Merah. [Ist]

bawang merah merupakan salah satu jenis produk hortikultura yang mempunyai sifat perishable (sangat mudah rusak).

SuaraSumut.id - Tim dosen Universitas Sumatera Utara (USU) dari Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Pertanian menggelar pelatihan. Kegiatan berlangsung di Desa Ria-Ria Kecamatan Polung Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Pelatihan untuk peningkatan nilai tambah komoditi bawang merah melalui pengolahan, menjadi produk pangan untuk memenuhi pasar dalam negeri dan ekspor. Hal ini dilakukan dalam upaya mencapai ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

Tim dosen yang diketuai Mimi Nurminah mengatakan, hal ini merupakan rangkaian kegiatan pengabdian dosen wajib mengabdi di lahan proyek nasional food estate Humbang Hasundutan, yang ditujukan kepada anggota kelompok tani.

"Pelatihan ditujukan kepada petani yang menanam bawang merah," katanya, dalam keterangannya, Senin (20/12/2021).

Baca Juga: Data Pelacakan Alumni 2021, 76,35 Persen Lulusan UGM Telah Bekerja dan Lanjut Studi

Mimi Nurminah menyatakan, bawang merah merupakan salah satu jenis produk hortikultura yang mempunyai sifat perishable (sangat mudah rusak).

"Pada saat panen raya harga bawang merah menjadi sangat rendah. Jika petani ingin menunda pemasarannya hingga harga kembali normal, maka justru akan menyebabkan kerusakan yang akhirnya menyebabkan kerugian pada petani," katanya.

Melihat permasalahan yang dialami petani ini, diperlukan adanya teknologi pengolahan yang dapat memperpanjang umur simpan dan meningkatkan nilai tambah dari produk bawang merah.

"Salah satu fungsi dari pengolahan bawang merah bertujuan untuk mempertahankan mutu sebelum digunakan," jelasnya.

Pemanfaatan bawang merah melalui diversifikasi produk olahan bawang merah yang sudah dipasarkan antara lain bawang goreng dan tepung bawang. Salah satu alternatif olahan bawang merah yang belum banyak dikembangkan adalah pasta bawang.

Baca Juga: Ramai Penyebaran Kasus Omicron di Indonesia, Bupati Sleman Siapkan Strategi Ini

"Pengolahan pasta bawang merah ini bertujuan untuk kepraktisan saat menggunakannya dalam memasak. Pasta bawang merah juga menjadi alternatif produk sediaan bumbu," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait