facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beruang Madu Ditemukan Terjerat di Aceh Barat Daya

Suhardiman Kamis, 17 Maret 2022 | 06:35 WIB

Beruang Madu Ditemukan Terjerat di Aceh Barat Daya
Beruang Madu Ditemukan Terjerat di Aceh Barat Daya. [Antara]

Beruang jantan yang terjerat perangkap itu masih remaja.

SuaraSumut.id - Seekor beruang madu (Helarctos Malayanus) ditemukan terjerat perangkap babi hutan di Gampong Cinta Murni, Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Beruang jantan yang terjerat perangkap itu masih remaja.

Dokter hewan dari Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) drh Zulhimi mengatakan, awalnya petugas mendapat laporan ada beruang terkena jeratan babi hutan.

"Tim yang mendapat laporan turun ke lokasi sekaligus membawa perlengkapan penanganan komplit," katanya, melansir Antara, Kamis (17/3/2022)

Setelah tiba dilokasi, kata Zulhilmi, petugas melakukan evakuasi beruang. Tim juga melakukan penangan medis terhadap luka di bagian kaki depan beruang madu itu.

Baca Juga: Pabrik Hyundai di Cikarang Diresmikan, Pertama di Asia Tenggara

"Satwa dilindungi ini mengalami luka dibagian kaki kanan depan. Tidak terlalu parah. 90 persen sehat. Hanya saja belum boleh kita lepas liarkan. Kita koordinasi dengan pimpinan dulu," katanya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak lagi memasang jerat. Pasalnya, efek dari jerat ini bisa melukai dan membunuh satwa-satwa yang dilindungi, termasuk harimau.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait