facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemenag Aceh Ajak Generasi Muda Daftar Haji Sejak Dini

Suhardiman Sabtu, 28 Mei 2022 | 19:23 WIB

Kemenag Aceh Ajak Generasi Muda Daftar Haji Sejak Dini
Ilustrasi Haji (Twitter Ministry of Hajj)

Hal ini mengingat waktu tunggu haji mencapai puluhan tahun.

SuaraSumut.id - Kementerian Agama (Kemenag) Aceh mengajak kalangan generasi muda untuk daftar haji sejak dini. Hal ini mengingat waktu tunggu haji mencapai puluhan tahun.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh Iqbal, melansir Antara, Sabtu (28/5/2022).

"Mengingat daftar tunggu haji Aceh mencapai 31 tahun, tentu bagi yang mendaftar di usia muda, bisa berangkat di usia yang tak terlalu tua, dan secara kesehatan serta fisik masih memiliki stamina yang kuat untuk beribadah," kata Iqbal.

Kalangan generasi muda dapat menargetkan jangka waktu keberangkatan haji, meski perhitungan jangka waktu keberangkatan memang tidak akan pasti.

Baca Juga: Pernah Terjerat Kasus Pencabulan, Saipul Jamil Minta Netizen Tak Ungkit Lagi Boroknya: Hambat Rezeki

"Tergantung jumlah antrian jamaah haji yang ada dari tahun ke tahun, namun dengan kesabaran dan perhitungan yang cermat, cita-cita pergi haji di usia muda sangat mungkin terwujud," ujarnya.

Jika ingin berhaji di usia muda, maka manfaatkan usia yang masih muda dengan sebaik-baiknya. Fisik sehat yang dimiliki sekarang merupakan modal yang sangat penting. Karena dalam berhaji ada syarat yang mengikat, yaitu Istitha’ah.

"Istitha’ah kesehatan jemaah haji mengamanahkan bahwa setiap jemaah haji harus melakukan pemeriksaan dan pembinaan kesehatan pada masa tunggu dan sebelum keberangkatan,” katanya.

Selain itu, bagi yang mendaftar di usia muda waktu belajar atau manasik haji juga lebih lama, pasti akan lebih memantapkan ilmu ketika di tanah suci.

Meskipun ada pembatasan usia maksimal 65 tahun pada tahun ini, kata Iqbal, kita harus bersyukur dan berdoa dengan harapan tahun depan seluruh jamaah haji Indonesia dapat berangkat tanpa batasan usia.

Baca Juga: MotoGP Perlahan Berubah, Marc Marquez: Kini Motor Lebih Penting dari Pembalap

"Karena kesuksesan haji tahun ini, akan menjadi tolak ukur pemberangkatan haji 100 persen ke depan. Begitu juga bagi petugas haji, untuk menjadikan momen bertugas sebagai nilai ibadah dalam melayani tamu Allah," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait