alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Staf RSUD Sidikalang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Chandra Iswinarno Jum'at, 22 Januari 2021 | 15:16 WIB

5 Staf RSUD Sidikalang Terkonfirmasi Positif Covid-19
RSUD Sidikalang. [Istimewa]

awalnya manajemen RSUD Sidikalang memfasilitasi pemeriksaaan swab antigen kepada para tenaga kesehatan.

SuaraSumut.id - Lima orang staf di RSUD Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara terkonfirmasi positif Covid-19. Mereka dirujuk ke RS Marta Friska Medan.

"Dinkes melalui puskesmas juga melakukan tracing kepada ke lima staf tersebut," kata Kadis Kesehatan Dairi, dr. Ruspal Simarmata, Jumat (22/1/2021).

Dari hasil tracing yang dilakukan, ditemukan 12 orang kontak erat. Selanjutnya, dilakukan rapid test dengan hasil 11 orang non reaktif dan satu orang reaktif.

"Terhadap satu orang reaktif langsung dirujuk ke RS Marta Friska untuk dilakukan tes PCR," katanya.

Baca Juga: Puluhan Anak Panti Asuhan di Depok Reaktif Covid-19

Ia mengatakan, pada dasarnya Bupati Dairi melalui Dinas Kesehatan dan RSUD Sidikalang ataupun Satgas sangat serius dalam menangani Covid-19.

Dari bidang penanganan kesehatan setiap ada kasus terkonfirmasi positif, tim satgas penanganan Covid-19 langsung melakukan penyelidikan epidemiologi, pemeriksaan kontak erat, melakukan komunikasi risiko dan merujuk ke rumah sakit bila diperlukan.

"Langkah Satgas begitu menerima hasil PCR positif langsung merujuk pasien ke RS Marta Friska untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik," jelasnya.

Direktur RSUD Sidikalang, dr. Sugito Panjaitan mengatakan, awalnya manajemen RSUD Sidikalang memfasilitasi pemeriksaaan swab antigen kepada para tenaga kesehatan.

Dari hasil swab antigen ditemukan hasil positif dan selanjutnya pada (18/1) melakukan PCR di Rumah Sakit Martha Friska Medan dan dinyatakan empat petugas positif Covid-19.

Baca Juga: Istri AHY Kelimpungan Cari Rumah Sakit Covid-19, Kok Bisa?

"Selain itu, untuk memastikan seluruh para petugas RSUD tidak terpapar Covid-19 pada 19 Januari dilakukan kembali cek ulang antigen swab terhadap seluruh petugas RSUD," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait