alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 28 TKI Ilegal ke Malaysia

Suhardiman Senin, 22 Februari 2021 | 08:05 WIB

TNI AL Gagalkan Penyelundupan 28 TKI Ilegal ke Malaysia
TNI AL Gagalkan Penyelundupan 28 TKI Ilegal ke Malaysia. [Ist]

Prajurit TNI AL menghentikan kapal jenis cumi diawaki satu orang nahkoda dan empat ABK.

SuaraSumut.id - Tim Fleet One Quick Response (F1QR) Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan menggagalkan upaya penyelundupan 28 Orang TKI Ilegal di Perairan Tanjung Kumpul, Sumatera Utara, Minggu (21/2/21).

Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory mengatakan, penggagalan tersebut saat Tim F1QR Lanal Tanjung Balai Asahan melakukan pengejaran terhadap satu kapal nelayan.

Prajurit TNI AL menghentikan kapal jenis cumi diawaki satu orang nahkoda dan empat ABK. Kemudian dilakukan pemeriksaan muatan serta kelengkapan kapal. 

"Pada saat pemeriksaan, kapal tanpa nama tersebut membawa 28 orang, terdiri dari 16 laki-laki, 11 operempuan dan 1 balita diduga akan berangkat ke Malaysia untuk menjadi TKI ilegal," katanya, dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Banjir Bekasi Bikin Perjalanan KA Jarak Jauh Tujuan Jakarta Dibatalkan

Kapal pembawa TKI ilegal beserta ABK dan penumpang yang diamankan dibawa menuju panton nelayan Bagan Asahan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Panglima Komando Armada I Laksda TNI Abdul Rasyid K mengatakan, prajurit TNI AL akan selalu berpatroli rutin di jalur masuk dan keluar tidak resmi.

"Perairan Timur Sumatera di sepanjang Selat Malaka yang berbatasan dengan negara tetangga masih banyak digunakan sebagai pelintasan penyelundupan tenaga kerja ilegal," tukasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait