alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Masjid Unik yang Cocok untuk Wisata Religi

Suhardiman Kamis, 22 April 2021 | 11:15 WIB

7 Masjid Unik yang Cocok untuk Wisata Religi
Masjid Menara Kudus [Antara]

Rumah ibadah umat muslim memiliki sejarah dengan arsitektur unik dan indah.

SuaraSumut.id - Saat ini wisata religi selalu menarik dan potensinya sangat besar untuk dikembangkan. Di bulan Ramadhan ini, salah satu destinasi yang dapat dikunjungi para pelancong adalah wisata religi.

Rumah ibadah umat muslim memiliki sejarah dengan arsitektur unik dan indah. Berikut tujuh bangunan masjid unik yang dapat dikunjungi untuk wisata religi:

1. Masjid Menara Kudus

Terletak di Kabupaten Kudus, Masjid Menara Kudus atau memiliki nama Masjid Al-Aqsha ini memiliki keunikan, karena fisik gedung berbeda dengan desain masjid umumnya akibat memiliki arsitektur bergaya Hindu kuno.

Baca Juga: Sudah Diprotes Ortu, Pemprov DKI Tetap Pakai Syarat Usia di PPDB TA 2021

Berdiri sejak zaman Majapahit, tempat ini kemudian berubah menjadi masjid ketika Sunan Kudus datang dan menyebarkan agama Islam.

2. Masjid Muhammad Cheng Ho

Nama Laksamana Cheng Ho telah dikenal dalam sejarah, sebagai laksamana muslim yang taat dan murah hati. Salah satu memorial berhubungan dengan beliau Masjid Cheng Ho di Kota Surabaya.
Keunikan bangunan terletak di arsitektur yang kental gaya Tiongkok, bahkan sekilas bangunan ini sama sekali tidak terlihat seperti masjid pada umumnya. Masjid ini sering menjadi salah satu spot destinasi wisata, karena keunikan arsitekturnya yang menyerupai kelenteng.

3. Masjid Kapal Semarang

Berlokasi di Kiai Padak, Ngaliyan, masjid ini memiliki nama asli Masjid Safinatun Najah yang memiliki bentuk menyerupai sebuah kapal. Arsitektur unik dan kaya akan filosofi menjadikan masjid ini juga disebut Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tasawuf Underground, Pesantrennya Anak Punk Jalanan

Tidak hanya itu, masjid ini juga dikelilingi kolam air, sehingga bangunan masjid seolah mengambang di atas air. Kolam air berfungsi membersihkan kaki jamaah, sebelum masuk beribadah.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait