alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dengar Keluhan Warga soal Banjir Rob, Bobby Nasution Bangun Tanggul

Suhardiman Selasa, 11 Mei 2021 | 00:27 WIB

Dengar Keluhan Warga soal Banjir Rob, Bobby Nasution Bangun Tanggul
Wali Kota Medan Bobby Nasution. [Ist]

Kunjungan itu untuk melihat langsung kondisi daerah Kelurahan Nelayan Indah atau yang sering disebut sebagai Kampung Nelayan yang selama ini selalu terdampak banjir rob.

SuaraSumut.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengunjungi warga Lingkungan VII, Kelurahan Nelayan Indah, Kecamatan Medan Labuhan, Senin (10/5/2021).

Kunjungan itu untuk melihat langsung kondisi daerah Kelurahan Nelayan Indah atau yang sering disebut sebagai Kampung Nelayan yang selama ini selalu terdampak banjir rob.

Bobby datang dengan didampingi Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan Benny Iskandar dan Camat Medan Labuhan Rudi Asriandi.

Warga menyampaikan keluhan mereka terkait banjir yang disebabkan air pasang atau banjir rob. Warga berharap agar Wali Kota dapat mengatasi persoalan banjir tersebut. 

Baca Juga: Viral Pengemudi Lamborghini Geber-geber Malam Hari, Warga Komplek Protes

Pasalnya, dua bulan sekali rumah mereka selalu menjadi langganan banjir karena benteng yang ada cukup rendah. Sehingga setiap kali pasang air langsung melimpah dan menggenangi rumah warga dengan ketinggian lebih dari satu meter.

Warga juga memprediksi air pasang akan terjadi pada malam takbiran. Meski sudah membuat tanggul seadanya, warga khawatir tidak kuat untuk menahan air pasang.

"Warga di sini secara gotong-royong membuat benteng dengan tanah untuk mengantisipasi jika air laut pasang. Apalagi mau mendekati Lebaran, agar mencegah naiknya air laut seminggu yang lalu warga membuat benteng. Dalam sebulan di wilayah ini air laut pasang dua kali per enam jam, sehingga warga waspada dan siaga," kata Kamal (56).

Kamal menambahkan, upaya warga membuat benteng dalam mencegah banjir rob tidak maksimal, karena benteng yang didirikan tidak tinggi dan kuat sehingga mudah jebol. Untuk itu, warga berharap Pemkot Medan memberikan bantuan untuk membuatkan benteng yang lebih kuat dan kokoh.

"Benteng yang kami buat tidak maksimal. Karena tidak tinggi dan tidak kuat, makanya mudah jebol. Kami berharap Pemkot Medan bisa memberikan bantuan pembuatan benteng yang kuat dan kokoh, Pak," harapnya.

Baca Juga: Cegah Kriminalitas, Polri Libatkan Anggota Bersenjata di Pos Penyekatan

Bobby langsung meninjau tanggul yang telah dibangun warga seadanya sepanjang lebih kurang 700 meter. Setelah melihat kondisi, ia pun tak yakin tanggul tersebut akan kuat menahan air pasang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait