alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Alamak! 4 TKA China Positif Covid-19 di Maluku

Suhardiman Kamis, 15 Juli 2021 | 12:43 WIB

Alamak! 4 TKA China Positif Covid-19 di Maluku
Ilustrasi Covid-19 (Elements Envato)

Hasil tes menunjukkan Cao positif Covid-19.

SuaraSumut.id - Empat orang tenaga kerja asing (TKA) asal China positif Covid-19. Mereka terpapar saat bekerja di sebuah perusahaan di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku.

Juru bicara vaksinasi Covid-19 Pemprov Maluku dr. Adonia Rerung mengatakan, kasus itu berawal dari seorang tenaga kerja asing asal China bernama Cao Changgin yang terpapar Covid-19.

Setelah dilakukan penelusuran ditempat kerja Cao Changgin, petugas menemukan tenaga kerja asal China lainnya dan tenaga kerja lokal yang juga terinfeksi.

"Saya juga meluruskan bukan 19 TKA positif, namun hanya 4 orang, sisanya perawat, pegawai dan tenaga kerja lokal,” kata Adonia, Kamis (15/7/2021).

Baca Juga: Usai Revisi 20 Pasal, DPR Resmi Sahkan RUU Otsus Papua

Cao Changgin awanya hendak berobat dengan gejala penyakit batuk, flu dan demam di rumah sakit. Oleh pihak RSUD lalu memutuskan Cao menjalani tes antigen. Hasil tes menunjukkan Cao positif Covid-19.

RSUD kemudian melapor je Dinkes Seram Bagian Timur dan meminta agar segera melakukan pelacakan di tempat WNA bekerja. Seluruh TKA dan tenaga lokal menjalani tes antigen.

Dinkes juga menyasar sebuah kantor dinas di Kota Bula dan meminta seluruh pegawai dan tenaga honor dites antigen. Setelah dites antigen, terdapat tujuh orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dinkes kemudian melakukan pemeriksaan tes antigen kepada tenaga kesehatan RSUD Bula dan menemukan sebanyak delapan nakes terinfeksi virus corona. Dari hasil penulusaran tersebut kasus baru di seram Bagian Timur berjumlah 19 orang.

"Sampel tes PCR TKA China, pegawai, perawat dan tenaga kerja lokal sudah dikirim ke Ambon dan masih menunggu hasil," tukasnya.

Baca Juga: Pekerja Kritikal Bebas Lewat Penyekatan Kalimalang di Atas Pukul 10.00 WIB

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait