alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

2 Daerah di Aceh Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19

Suhardiman Kamis, 12 Agustus 2021 | 17:01 WIB

2 Daerah di Aceh Masuk Zona Merah Penyebaran Covid-19
Ilustrasi Covid-19.(Freepik.com)

Kedua daerah itu adalah Kota Sabang dan Banda Aceh.

SuaraSumut.id - Dua daerah di Aceh disebut masuk dalam zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19. Kedua daerah itu adalah Kota Sabang dan Banda Aceh.

Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap mentaati penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

"Saat ini Kota Sabang dan Banda Aceh zona merah Covid-19. Pekan lalu zona merah di Aceh Tengah dan Aceh Singkil," kata Juru Bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani, melansir Antara, Kamis (12/8/2021).

Ia mengaku, pergeseran zonasi risiko itu berdasarkan analisis data pandemi Covid-19 oleh pakar Satgas Nasional dalam sepekan terakhir, dengan melihat kondisi epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan kondisi pelayanan kesehatan setiap kabupaten/kota.

Baca Juga: Menteri Investasi Bahlil Lahadalia: PPKM Jadi Tantangan Berat Kita

Sebaliknya di Aceh Tengah dan Aceh Singkil yang merupakan zona merah pada pekan lalu kini menjadi zona oranye.

"Peta zonasi risiko juga berubah di Kota Subulussalam terkoreksi dari oranye pada pekan lalu, kini menjadi zona kuning. Sedangkan 18 kabupaten/kota lainnya di Aceh bertahan sebagai zona oranye atau zona kuning," katanya.

Tercatat zona merah Covid-19 meliputi Banda Aceh dan Sabang. Zona oranye meliputi Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Utara, Lhokseumawe, Gayo Lues, Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireuen, Pidie, Aceh Besar, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, Simeulue dan Aceh Singkil.

Sedangkan zona kuning atau risiko rendah, yakni Aceh Tenggara, Aceh Timur, Pidie Jaya, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, dan Subulussalam. Namun, kata dia, saat ini belum ada daerah di Aceh yang zona hijau atau zona aman dari transmisi virus corona.

"Masyarakat di zona oranye dan merah, selain menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, sepatutnya menghindari berpergian ke zona kuning. Pandemi Covid-19 bisa cepat berakhir jika saling menahan diri dan menjaga antar sesama," tukasnya.

Baca Juga: Skakmat! Nikita Mirzani Ngamuk ke Haters Ayu Ting Ting: Kalian Bisa Kaya?

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait