alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

KPU Gelar Pelatihan Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Sumut

Suhardiman Jum'at, 22 Oktober 2021 | 12:26 WIB

KPU Gelar Pelatihan Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Sumut
KPU Gelar Pelatihan Kader Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Sumut. [Ist]

Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai kalangan, seperti kelompok marjinal, dan pemilih pemula yang sudah dipilih.

SuaraSumut.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pelatihan kader desa peduli pemilu dan pemilihan, di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan berlangsung di Desa Tembung pada 23 Oktober dan Desa Bandar Khalipah 30 Oktober 2021.

Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari berbagai kalangan, seperti kelompok marjinal, dan pemilih pemula yang sudah dipilih.

"Nantinya kita harap mereka dapat mendorong program sosialisasi di desanya menjadi kader. Mumpung belum masuk tahapan Pemilu 2024," kata Komisioner KPU Sumut, Benget Silitonga, dalam keterangan yang diterima, Jumat (22/10/2021).

Ia menjelaskan, kegiatan ini merupakan file projeck KPU RI yang diselenggarakan di 68 desa dalam 34 provinsi seluruh Indonesia.

"Satu provinsi cuma dua desa karena keterbatasan anggaran juga. Di Sumatera Utara, kita memilih di Desa Tembung sama Desa Bandar Khalipah," katanya.

Baca Juga: Ungkap Fakta Baru, Sahabat Beberkan Tiket Pesawat Rachel Vennya

Ketua KPU Deli Serdang, Syahrial Effendi mengatakan, setelah adanya kegiatan Desa Peduli Pemilu di dua desa ini, KPU akan berkoordinasi dengan Pemkab Deli Sedang untuk dapat mendukung program berkelanjutan nantinya di seluruh desa dan kecamatan.

"Kita berharap kader-kader ini bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat luas untuk menjadi pionir dan bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat umum. Bisa juga nanti jadi penyelenggara ad hoc di tingkat desa PPS. Sehingga penyelenggaranya punya kualitas pemahaman tentang pemilu dan pemilihan," katanya.

Sebelumnya, KPU RI juga meluncurkan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan di Aula Kantor Desa Tembung, Deli Serdang, pada Kamis (21/10/2021).

Kabag Pendidikan Pemilih KPU RI, Sahruni Hasna Ramadhan mengaku, pihaknya memiliki tugas untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada masyarakat. Hal ini sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Pemilu dan Undang-Undang Pemilihan.

"Ini bukanlah hal yang mudah, karena KPU memiliki tanggung jawab besar. Tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan dan pemahaman, tetapi juga menumbuhkan kesadaran dan menggerakkan kesukarelawanan masyarakat agar mau berpartisipasi aktif dalam perhelatan pemilu dan pemilihan," katanya.

Baca Juga: Terdampak Gempa Malang, Teras Musala di Blitar Ambruk

Wakil Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar mengaku, pemerintah pusat dan provinsi, dan daerah senantiasa menunjukkan perhatian terhadap pembangunan desa.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait