facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gempa Tektonik Dangkal Dirasakan di Madina Sumut

Suhardiman Kamis, 03 Februari 2022 | 10:24 WIB

Gempa Tektonik Dangkal Dirasakan di Madina Sumut
Ilustrasi gempa bumi. (Antara/ist)

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

SuaraSumut.id - Gempa bumi tektonik dangkal dirasakan di Desa Panggautan, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Gempa terjadi pada Kamis (3/2/2022) sekitar pukul 02.29 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi bermagnitudo 4,9.

Kepala BBMKG Wilayah I Medan, Darmawan mengatakan, episenter gempa bumi yang terjadi pada koordinat 0.83 LU dan 98.50 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 81 km Nias Selatan pada kedalaman 45 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi," katanya.

Baca Juga: Majelis Masyarakat Adat Budaya Sunda Bakal Berikan Keterangan Terkait Arteria Dahlan di Polda Metro Jaya

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dengan Skala Intensitas I-II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. [Antara]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait