facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

31 Parpol Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024, 10 Partai Dukumennya Belum Lengkap

Riki Chandra Sabtu, 13 Agustus 2022 | 20:39 WIB

31 Parpol Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024, 10 Partai Dukumennya Belum Lengkap
Anggota KPU RI August Melasz (tengah) memberikan keterangan pers di gedung KPU. [Dok.Antara]

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebutkan bahwa 10 partai politik (parpol) yang dokumen pendaftarannya belum lengkap sebagai calon peserta Pemilu 2024.

SuaraSumut.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebutkan bahwa 10 partai politik (parpol) yang dokumen pendaftarannya belum lengkap sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Anggota KPU RI, Idham Holik menjelaskan bahwa dari total 31 parpol yang telah mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 sampai dengan hari ini, sebanyak 21 parpol dokumen pendaftarannya dinyatakan telah lengkap.

"10 masih dilengkapi oleh parpol tersebut,” kata Idham Holik, di Jakarta, Sabtu (13/8/2022).

Ia menyebut bahwa dokumen yang belum lengkap tersebut menyangkut persoalan input data oleh para parpol pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang belum rampung seratus persen.

Baca Juga: Hasil Aston Villa vs Everton: Pasukan Steven Gerrard Kalahkan Tim Asuhan Frank Lampard

"Pada umumnya berkaitan dengan kapasitas data yang banyak sekali, karena ini kan membutuhkan waktu untuk mengunggah dan membutuhkan sumber daya yang banyak," ujarnya lagi.

Idham lantas berkata, “Bukan soal hambatan di teknologi Sipol itu sendiri”.

KPU, kata Idham, memberi kesempatan waktu bagi parpol tersebut untuk melengkapi dokumennya hingga masa pendaftaran terakhir pada Minggu (14/8) pukul 23.59 WIB.

"Apabila sampai dengan tanggal 14 (Agustus) pukul 23.59 WIB, kesepuluh parpol tersebut tidak melengkapi, maka kami nyatakan dokumennya tidak lengkap dan yang bersangkutan pendaftarannya tidak bisa dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi," kata Idham.

Kesiapan KPU menghadapi hari terakhir pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 pada Minggu (14/8) besok, Idham menyebut pihaknya telah menyiapkan tim pemeriksaan dokumen serta meminta agar parpol yang belum lengkap dokumennya dapat memaksimalkan waktu yang tersisa untuk menginput data ke dalam aplikasi Sipol.

Baca Juga: Ria Ricis Tindik Telinga Baby Moana, Ini Rekomendasi Jenis Anting yang Aman untuk Bayi

Sebanyak 10 parpol yang dokumen pendaftarannya belum lengkap, yaitu Partai Republik, Partai Reformasi, Pandai, Partai Demokrasi Rakyat Indonesia, Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Berkarya, Partai Indonesia Bangkit Bersatu, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo), Partai Pelita, dan Partai Kongres.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait