alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gubernur Edy Minta Pengelolaan Geopark Kaldera Toba Diprioritaskan

Chandra Iswinarno Rabu, 20 Januari 2021 | 17:41 WIB

Gubernur Edy Minta Pengelolaan Geopark Kaldera Toba Diprioritaskan
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menerima audiensi Pengurus Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark. [Istimewa]

Program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu diperbanyak.

SuaraSumut.id - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta pengelolaan Geopark Kaldera Toba tetap diprioritaskan.

Hal ini untuk kemakmuran masyarakat kawasan Danau Toba. Program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu diperbanyak.

"Prioritaskan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat terlebih dahulu," kata Edy, Rabu (20/1/2021).

Menurut Gubernur, masyarakat adalah hal yang paling utama dalam pengembangan Kaldera Toba Unesco Global Geopark. Oleh Karena itu, jangan sampai masyarakat kawasan tersebut hanya menjadi penonton.

"Kita ajak mereka, gandeng mereka, sehingga mereka menjadi pelaku utama di kawasan Danau Toba," ujarnya.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Pasien, RSJ Prof Ildrem Bakal Direnovasi

Penghijauan kawasan Danau Toba, kata Gubernur, juga harus dijadikan prioritas. Edy mengusulkan penghijauan dengan penanaman pohon kacang macademia.

Tanaman ini cocok ditanam di daerah tangkapan air. Selain penghijauan, tanaman macademia juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua Harian Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark Mangindar Simbolon memaparkan ada 3 hal yang dipadukan dalam pembenahan pengelolaan Kaldera Toba.

Pertama dari sisi geologi Danau Toba memiliki nilai internasional. Kedua keragaman biologi yang berasal dari proses pembentukan Kaldera Toba. Ketiga keragaman budaya dan masyarakat yang dihuni beberapa etnis di Kawasan Danau Toba.

Terkait pemberdayaan masyarakat setempat, Mangindar mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi dan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota masing-masing.

Baca Juga: HNSI Sumut Diajak Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait